Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui teknik hipogram dengan media epos mahabharata siswa kelas ix smp tri murti 01 pakisaji / SONY CANDRA WIJAYA - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui teknik hipogram dengan media epos mahabharata siswa kelas ix smp tri murti 01 pakisaji / SONY CANDRA WIJAYA

Wijaya, Sony Candra Wijaya (2023) Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui teknik hipogram dengan media epos mahabharata siswa kelas ix smp tri murti 01 pakisaji / SONY CANDRA WIJAYA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan menulis menjadi salah satu bagian keterampilan berbahasa yang penting untuk dikuasai siswa. Pentingnya penguasaan atau kemampuan menulis dikarenakan menjadi dasar atau pondasi dalam siswa produktif menghasilkan suatu karya yang bernilai atau bermakna. Hal tersebut tidak lepas dari proses pembelajaran dalam bangku pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen melalui teknik Hipogram dengan media Epos Mahabharata pada siswa kelas IX di SMP Tri Murti 01 Pakisaji. Dalam penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II kemudian dilakukan verifikasi hasil selisih persentase perbandingan antara Siklus I dengan Siklus II. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan menyusun daftar pertanyaan wawancara kepada Guru Bahasa Indonesia kelas IX dan menyusun skenario pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan Siklus I yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa peserta didik masih merasakan kesulitan dalam hal keterampilan mengungkapkan kembali dalam menulis cerita pendek terutama pada bagian awal yang dibuktikan dengan perolehan nilai ketuntasan peserta didik pada pra siklus sebesar 52 94% sehingga persentase peserta didik yang tidak tuntas sejumlah 47 06%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulisan cerpen pada Siklus II mengalami peningkatan positif yaitu siswa yang mendapatkan kualifikasi Sangat Baik (SB) sebanyak 5 siswa sebesar 29 41% kualifikasi baik (B) sebanyak 9 siswa sebesar 52 94% kualifikasi Cukup (C) sebanyak 3 siswa sebesar 17 65% dan kualifikasi Kurang Baik (D) sebanyak 0 siswa sebesar 0%. Jadi peserta didik secara keseluruhan pada siklus II sudah tuntas atau mencukupi nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) serta persentasenya terjadi peningkatan dari 52 94% menjadi 100% sehingga apabila diverifikasi terjadi peningkatan sebesar 47 06%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296286

Actions (login required)

View Item View Item