Interferensi leksikal dan morfologis dalam karangan bahasa Indonesia siswa SMAN 1 Lawang / Cornelius Singgih</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Interferensi leksikal dan morfologis dalam karangan bahasa Indonesia siswa SMAN 1 Lawang / Cornelius Singgih</p>

Singgih, Cornelius (2022) Interferensi leksikal dan morfologis dalam karangan bahasa Indonesia siswa SMAN 1 Lawang / Cornelius Singgih</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk interferensi leksikal dan morfologis dalam karangan bahasa Indonesia siswa SMAN 1 Lawang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk dan asal bahasa interferensi yang muncul dalam karangan siswa SMAN 1 Lawang sebagai pengaruh dari kebiasaan sehari-hari dan budaya asing yang masuk ke Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif berupa kata atau frasa dalam karangan berbahasa Indonesia siswa SMAN 1 Lawang yang mengandung unsur bahasa daerah atau asing yang terdapat pada karangan siswa SMAN 1 Lawang. Data tersebut berupa gagasan-gagasan yang diwujudkan dalam kalimat tulis. Sedangkan sumber datanya adalah karangan siswa SMAN 1 Lawang yang mengandung interferensi leksikal dan morfologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interferensi leksikal dan morfologis yang ditemukan pada karangan siswa berasal dari bahasa daerah dan bahasa asing. Bentuk interferensi yang berasal dari bahasa daerah muncul akibat kebiasaan siswa dalam komunikasi sehari-hari. Sedangkan interferensi yang berasal dari bahasa asing muncul akibat pengaruh media sosial peninggalan zaman penjajahan dan praktik keagamaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296278

Actions (login required)

View Item View Item