Sholihah, Siti (2023) Pengaruh penggunaan game interaktif tebak kata terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita di SLB Negeri Kota Batu / Siti Sholihah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sholihah Siti. 2023. Pengaruh Penggunaan Game Interaktif Tebak Kata terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Negeri Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr Wiwik Dwi Hastuti M.Pd (II) Sopingi S.sos M.Pd. Kata kunci Media Game Interaktif Tebak Kata membaca permulaan tunagrahita Anak tunagrahita ringan adalah termasuk anak yang mengalami kesulitan dalam membaca. Dari berbagai studi yang di ketahui anak tunagrahita memiliki prestasi yang jauh lebih rendah apabila di bandingkan dengan anak normal karena daya ingatnya yang kurang menjadi pengaruh yang cukup besar bagi anak tersebut. Selain itu proses pembelajaran membaca anak tunagrahita ringan dengan anak normal juga memiliki kesenjangan yang jauh karena anak tunagrahita memiliki keterlambatan dalam hal kognitif. Keterbatasan ini menyebabkan anak tunagrahita mengalami kesulitan dalam hal mengenal huruf membedakan huruf ketepatan dalam menyuarakan tulisan lafal dan kejelasan suara serta merangkai huruf menjadi suku kata lalu menjadi kata. Penelitian ini di laksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan anak Tunagrahita di SLB Negeri kota Batu sebelum di berikan intervensi menggunakan game interaktif tebak kata dan setelah di berikan intervensi dengan menggunakan game interaktif tebak kata serta menganalisa pengaruh media game interaktif tebak kata terhadap keampuan membaca permulaan anak Tunagrahita ringan di SLB Negeri Kota Batu. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian dengan metode eksperimen dengan menggunakan mode penelitian pre-experemental desain satu kelompok dengan desain one group pretest ndash posttest desain. Sampel yang di gunakan pada penelitian ini adalah (4) Siswa Tunagrahita ringan di SLB Negeri kota Batu dan Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan. Data penelitian yang di peroleh dari hasil pre-test sebelum di beri perlakuan dan post-test sesudah di beri perlakuan. Setelah semua data terkumpul data di olah dan di analysis ke dalam statistic deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample t Test. Pada analisis hasil penelitian dengan uji Paired Sample t Test di paparkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test tidak identic atau tidak sama t hitung gt t tabel Karena nilai t hitung adalah 7 549 dan t tabel adalah 3 182. Maka maka di tolak atau terdapat perbedaan perubahan nilai yang signifikan setelah di Beri perlakuan menggunakan media game interaktif tebak kata. skor rata-rata post-test adalah 64 lebih Tinggi dari pada skor rata-rata nilai pre-test yaitu 45 dan dapat di simpulkan bahwa game interaktif tebak kata mempengaruhi kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita di SLB Negeri kota Batu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/296104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |