Millatulfani, Fauziah (2023) Penerapan metode pembelajaran make a match berbantuan flannel card untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada siswa tunarungu Kelas III di SLB ABD Negeri Kedungkandang / Fauziah Millatulfani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tunarungu merupakan kondisi dimana individu kehilangan fungsi pendengarannya akibatnya siswa tunarungu mengalami hambatan dalam menerima informasi dan perbendaharaan bahasa yang kurang. Hal tersebut membuat siswa tunarungu mengalami kesulitan dalam akademiknya terutama dalam mengenal konsep bilangan. Berdasarkan hasil analisis pada siswa tunarungu kelas III di SLB ABD Negeri Kedungkandang dalam pembelajaran matematika menunjukkan mengalami kesulitan dalam memahami konsep bilangan serta metode dan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran masih belum mampu membantu permasalahan siswa. Salah satu metode berbantuan media yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu metode pembelajaran make a match berbantuan flannel card. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 siswa tunarungu sebelum diterapkan metode pembelajaran make a match berbantuan flannel card (2) mendeskripsikan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 siswa tunarungu setelah diterapkan metode pembelajaran make a match berbantuan flannel card (3) menganalisis peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 dalam penerapan metode pembelajaran make a match berbantuan flannel card pada siswa tunarungu. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen menggunakan desain time series design without control. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji statistic dan uji hipotesis menggunakan uji t-berpasangan. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t-berpasangan menunjukkan bahwa thitung sebesar 3 066 dan ttabel sebesar 2 920 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung gt ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran make a match berbantuan flannel card dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 siswa tunarungu kelas III di SLB ABD Negeri Kedungkandang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/296102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |