Pengaruh media puzzle geometri berwarna terhadap keterampilan menggambar bangun datar siswa autis di SLB Autis Lab UM / Annisa Mutiara Sumardi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media puzzle geometri berwarna terhadap keterampilan menggambar bangun datar siswa autis di SLB Autis Lab UM / Annisa Mutiara Sumardi</p>

Sumardi, Annisa Mutiara (2023) Pengaruh media puzzle geometri berwarna terhadap keterampilan menggambar bangun datar siswa autis di SLB Autis Lab UM / Annisa Mutiara Sumardi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumardi Annisa Mutiara. 2023. Pengaruh Media Puzzle Geometri Berwarna terhadap Keterampilan Menggambar Siswa Autis di SLB Autis Lab UM. Skripsi. Departemen pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Abdul Huda M.Pd (2) Dr. H. Ahmad Samawi M.Hum Kata kunci Puzzle geometri berwarna Menggambar bangun datar dan autis. Penelitian ini berlatar belakang kepada kurangnya kemampuan memahami warna dan bentuk siswa dengan Autis di SLB Autis Lab UM.. Hal ini dipengaruhi dengan hambatan siswa yaitu hambatan dalam pemusatan perhatianya sehingga siswa kesulitan untuk memahami dan mengidentifikasi warna serta bentuk yang berpengaruh kepada keterampilan menggambar bangun datar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan menggambar geometri bentuk bangun datar sederhana siswa Autis pada kondisi baseline-1 (A1) (2) mendeskripsikan kemampuan menggambar geometri bentuk bangun datar sederhana siswa Autis pada kondisi intervensi (B) (3) mendeskripsikan kemampuan menggambar geometri bentuk bangun datar sederhana siswa Autis pada kondisi baseline-2 (A2) (4) mendeskripsikan pengaruh media puzzle geometri berwarna terhadap kemampuan menggambar geometri bentuk bangun datar sederhana siswa Autis. Metode yang digunkan yaitu desain Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A yaitu fase baseline 1 (A1) fase intervensi (B) atau perlakuan dan kembali melakukan baseline 2 (A2). Instrument dalam penelitian ini menggunakan tes dengan soal mengelompokan warna dan bangun datar menyebutkan/mencocok warna dan bangun datar menggambar suatu bangunan. Analisis data penelitian meliputi analisis data hasil baseline 2 (A2) anak autis. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh media puzzle geometri berwarna terhadap keterampilan menggambar fase baseline 1 (A1) sesi terakhir nilai yang didapatkan cendrung meningkat. Keseluruhan nilai keterampilan menggambar siswa autis masih rendah pada kisaran antara 40%-50%. Fase intervensi (B) atau perlakuan nilai jika diperhartikan nilai pada sesi pertama sampai sesi terakhir nilai yang didapatkan cendrung meningkat. Keseluruhan nilai keterampilan menggambar bangun datar siswa autis mengalami kenaikan pada kisaran antara 40%-80% . Baseline 2 (A2) sesi keenam belas nilai yang didapatkan sebesar 70% penggunaan media puzzle menunjukkan bahwa intervensi penggunaan media puzzle geometri berwarna yang dilakukan memberikan peningkatan terhadap keterampilan menggambar bangun datar siswa autis. Saran bagi guru dapat memanfaatkan media puzzle ini dalam pembejaran kesenian siswa Autis. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggukan metode dan intervensi lainnya agar keterampilan menggambar bangun datar siswa autis bisa lebih mendetail dan lebih menyeluruh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296099

Actions (login required)

View Item View Item