Peningkatan kemampuan menulis pada anak tunagrahita melalui permainan play-doh di SLB BC Dharma Wanita 01 Pakisaji / Ainun Fitriansyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis pada anak tunagrahita melalui permainan play-doh di SLB BC Dharma Wanita 01 Pakisaji / Ainun Fitriansyah</p>

Fitriansyah, Ainun (2023) Peningkatan kemampuan menulis pada anak tunagrahita melalui permainan play-doh di SLB BC Dharma Wanita 01 Pakisaji / Ainun Fitriansyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki hambatan intelektual yang mememiliki kecerdasan dibawah rata-rata. Faktor pendukung lainnya yaitu dari observasi di lapangan bahwasanya siswa mengalami kesulitan dalam hal menulis pada saat menerima pembelajaran yang membutuhkan waktu lebih lama daripada teman yang lainnya. Alhasil untuk meningkatkan kemampuan menulis anak diperlukan penguatan otot motoriknya. Media yang digunakan dalam ujian ini adalah play-doh. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan menulis anak tunagrahita kelas X SLB BC Dharma Wanita 01 Pakisaji pada kondisi baseline. Mendeskripsikan kemampuan menulis anak tunagrahita kelas X SLB BC Dharma Wanita 01 Pakisaji dalam kondisi intervensi. Untuk menjelaskan bagaimana media play doh meningkatkan keterampilan menulis siswa tunagrahita kelas X SLB BC Dharma Wanita 01 Pakisaji. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Siswa tunagrahita kelas X di SLB BC Dharma Wanita 01 Pakisaji berinisial H menjadi subjek dalam penelitian ini. Media yang digunakan dalam permainan play-doh menjadi variabel bebas penelitian. Kemampuan meniru tulisan merupakan variabel terikat penelitian. Tes observasi dan dokumentasi adalah instrument dalam penelitian ini. validasi instrument yang digunakan adalah expert judgement. Metode statistik deskriptif sederhana digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini. Nilai dari subjek penelitian selama fase baseline-1 (A1) fase intervensi (A2) dan fase baseline-2 (A2) menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menulis. Nilai fase baseline-1 (A1) berkisar antara 50% hingga 52% nilai fase intervensi berkisar antara 58% hingga 70% dan nilai fase baseline-2 (A2) berkisar antara 68% hingga 76%. Konsekuensi dari setiap tahap menunjukkan peningkatan kemampuan menulis. Selain itu data overlap sebesar 0% dari hasil analisis data. Kesimpulan penelitian adalah kemampuan menulis anak tunagrahita kelas X SLB BC Dharma Wanita 01 Pakisaji dipengaruhi oleh media permainan play doh. Saran 1) media permainan ini sebaiknya digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan motorik anak 2) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media menjadi lebih baik dengan ruang lingkup yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:29
Last Modified: 25 Sep 2024 08:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296096

Actions (login required)

View Item View Item