Angdriani, Novia Fatima (2023) Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar pada peserta didik berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusi SMP IT Insan Permata / Novia Fatima Angdriani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Setiap individu berhak untuk mendapatkan kehidupan yang layak berikut pendidikannya tidak terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus. Dalam suatu pendidikan baik itu sekolah reguler maupun sekolah inklusi tidak terlepas dari yang namanya kurikulum. Kurikulum ini tidak dapat untuk terus menerus diterapkan tanpa adanya perubahan. Perubahan kurikulum terbaru yang diterapkan di Indonesia disebut dengan Kurikuluum Merdeka dengan inti dari kurikulum ini adalah Merdeka Belajar. Bukan hanya peserta didik saja yang harus menyesuaikan kepada situasi dan subtansi pendidikan melainkan sistem pendidikan juga harus menyesuaikan diri pada kemampuan kesulitan kecepatan serta minat peserta didik terutama peserta didik berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Sekolah inklusi yang digunakan sebagai tempat penelitian ini sudah termasuk dalam salah satu sekolah penggerak di Kota Malang. Digunakan pendekatan mixed methods untuk meneliti mengenai hal di atas dengan jenis penelitian berupa sequential exploratory design. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara observasi serta pengisian kuesioner untuk pengumpulan datanya. Langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis data adalah (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Digunakan pula editing tabulating analiting dan concluding untuk menganalisis data kuesioner yang digunakan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP IT Insan Permata dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan Kepala Sekolah Guru Pendamping Khusus dan Guru Penggerak menyatakan bahwa kurikulum Merdeka Belajar telah dilaksanakan di SMP IT Insan Permata sesuai dengan peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini diperkuat juga dengan hasil kuesioner yang diberikan kepada 32 guru hingga diperoleh data sebesar 90 8 dengan kategori sudah diterapkan dengan sangat baik . Pelaksanaan asesmen pada peserta didik berkebutuhan khusus dilakukan dengan melibatkan psikolog dan guru pendamping khusus dimana untuk penilaian asesmen sendiri berupa asesmen motorik kognitif serta bacaan mengaji. Pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus juga telah menggunakan PPI yang menyesuaikan dengan karakteristik masing-masing individu. Dalam pelakasanaan pembelajaran sekolah menyesuaikan pula materi ajar modul bahkan capaian pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Selain menggunakan Kurikulum Merdeka SMP IT Insan Permata juga termasuk ke dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) yang memiliki pembelajaran berdiferensiasi di dalamnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/296092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |