Penggunaan flipped classroom berbasis media audio visual dalam peningkatan hasil belajar biologi siswa tunarungu ringan Kelas X / Shonia Melleni Dyah Astiti</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan flipped classroom berbasis media audio visual dalam peningkatan hasil belajar biologi siswa tunarungu ringan Kelas X / Shonia Melleni Dyah Astiti</p>

Astiti, Shonia Melleni Dyah (2023) Penggunaan flipped classroom berbasis media audio visual dalam peningkatan hasil belajar biologi siswa tunarungu ringan Kelas X / Shonia Melleni Dyah Astiti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astiti Shonia Melleni Dyah.2023.Penggunaan Flipped Classroom Berbasis Media Audio visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Tunarungu Ringan Kelas X. Skripsi. Departemen Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd (2) Dr. Ranti Novianti M.Pd. Anak tunarungu memiliki gangguan pada indera pendengarannya. Hal ini mempengaruhi proses informasi bahasa sehingga cukup mengganggu kehidupan sehari-hari salah satunya dalam proses belajar di kelas. Oleh karena itu guru perlu menemukan model dan media pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan tepat dan efisien. Misalnya dengan menggunakan model dan media yang kreatif serta inovatif. Salah satunya menggunakan model flipped classroom berbasis media audio visual. Model flipped classroom berbasis media audio visual adalah model yang akan digunakan peneliti sebagai upaya untuk meningkat hasil belajar biologi siswa tunarungu ringan. Dalam penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah apakah model flipped classroom berbasis media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa tunarungu ringan. Pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah one group pre test dan post test. Setelah data terkumpul selanjutnya menggunakan Teknik Uji Non Parametrik menggunakan program SPSS. Dari hasil analisis ditemukan hasil Ties 0 artinya nilai sama yang muncul pada pre test dan post test adalah 0. Total 6 artinya jumlah sampel yang diambil adalah 6. Sedangkan Sign (2-tailed) 0 020 dalam artian 0 020 lt 0 05. Diperoleh hasil Thitung 0 dan N 6 bila dilihat dari tabel nilai krisis uji Wilcoxon maka diperoleh taraf nyata yaitu alpha 0 05 1. Karena nilai Thitung lt Ttabel maka 00 ditolak. Kesimpulannya adalah H0 ditolak dan H alpha diterima dalam artian ada perbedaan hasil belajar biologi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan model flipped classroom berbasis media audio visual. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa tunarungu ringan kelas X di SLB BC Dharma Wanita 01 Pakisaji Malang mengalami peningkatan setelah diberlakukan model flipped classroom berbasis media audio visual. Mengingat pentingnya inovasi model dan media pembelajaran maka untuk kedepannya guru dapat menggunakan model dan media pembelajaran yang mampu memudahkan siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran yang tepat dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296091

Actions (login required)

View Item View Item