Maria (2010) Penerapan pembelajaran kontekstual metode role playing untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada mata pelajaran penanganan tamu dan telepon (studi pada siswa kelas X APK II Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 6 Malang) / Maria Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Kontekstual Metode Role Playing Minat Belajar Hasil Belajar Peneliti pada saat pelaksanaan PPL metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru khususnya mata diklat Penanganan Tamu dan Telepon menggnakan metode ceramah dan terkadang guru menunjuk beberapa peserta didik untuk menjawab pertanyaan. Peserta didik cenderung mendengar materi yang disampaikan oleh guru dan kurang mempunyai keinginan untuk menyampaikan ide kreatifitasnya. Hal ini yang mendorong Peneliti untuk mengadakan Penelitian tentang penerapan metode Role playing agar peserta didik lebih bersemangat untuk berpartisipasi aktif dalam mata diklat Penanganan Tamu dan Telepon. Penelitian ini berusaha untuk mendiskripsikan pembelajaran kontekstual dengan pandangan kontekstual dengan mata diklat Penanganan Tamu dan Telepon pada peserta didik untuk mendiskripsikan proses pembelajaran ini Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu mengumpulkan data berupa nilai pretest dan postest lembar observasi wawancara angket minat dan catatan lapangan. Data-data yang terkumpul tersebut akan dipaparkan sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. Selain itu Peneliti sebagai instrumen utama karen Peneliti yang merencanakan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan metode role playing melaksanakan mengumpulkan data menganalisis data menarik kesimpulan dan membuat laporan akhir. Prosedur pengumpulan data menggunakan lima cara sesuai kebutuhan yaitu 1). Observasi 2). Wawancara 3). Tes 4). Angket minat peserta didik 5). Catatn lapangan. Kegiatan analisis meliputi observasi aktivitas peserta didik siklus I dan II menggunakan skor rata-rata. Temuan penelitian pelaksanaan pada kriteria data kegiatan sosialisasi dikualifikasikan baik sedangkan temuan penelitian pelaksanaan alat dan bahan ajar yang dirumuskan dalam pembelajaran kontekstual metode role playing pada mata diklat penanganan tamu dan telepon adalah buku teks atau literatur lain yang menunjang pembelajaran lembar skeneraio cerita pemeranan lembar pengamatan oleh kelompok pengamat lembar pesan telepon buku tamu lembar janji temu dan pesawat telepon. Praktek dengan menggnakan pesawat telepon lembar pesan telepon buku tamu dan lembar janjitemu diharapkan peserta didik lebih memahami apa yang dipelajari dan memiliki gambaran kegiatan yang sebenarnya. Kriteria keberhasilan tindakan yang digunakan adalah Penilaian Acuan Patokan (PAP) jika 80% peserta didik mempunyai skor 8805 70. nilai yang disapat peserta didik kemudian dihubungkan dengan tingkat pencapaian penguasaan materi peserta didik terhadap materi pengajaran sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Penentuan tersebut dilakukan dengan cara membandingkan bukti-bukti hasil belajar yang diperoleh setiap siswa yang ditetapkan pada standart kompetensi. Pada pretest 1 hasil belajar peserta didik rata-rata 52 62 dan pretest 2 rata-rata 83 43 sedangkan pada posttest 1 hasil belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 55 24 dan posttest 2 rata-rata 85 57. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar tercapai karena peserta didik memperoleh nilai 8805 70 lebih baik dari 80% yang sesuai dengan PAP. Adapun saran yang dapat Penulis sampaikan demi peningkatan hasil belajar siswa khususnya dalam mata diklat Penangan Tamu dan telepon ini adalah 1). Untuk penerapan pembelajaran pembelajaran kontekstual metode role playing berikutnya sebaiknya alokasi waktu dikaji dengan cermat karena setiap kelompok memiliki kemampuan peran yang berbeda dalam menarik perhatian kelompok pengamat partisipan dan audience dalam memberikan pendapat dan masukan 2). Prasarana dan sarana utuk proses pembelajaran metode role playing dapat ditingkatkan agar sesuai dengan stadart kurikulum. 3). Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan dokumentasi audio visual dengan kamera digital untuk mempermudah pembahasan setiap langkah dan karakteristik peserta didik dalam pemeranan dan akan lebih baik jika pengambilan dokumentasi dilakukan oleh pihak lain sehingga Peneliti dapat konsentrasi penuh dalam proses tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |