Penerapan teknik talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IA SDIT Nuurul Fikri Trenggalek - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IA SDIT Nuurul Fikri Trenggalek

Sakti, Nourina Kartika (2012) Penerapan teknik talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IA SDIT Nuurul Fikri Trenggalek. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Talking Stick Aktivitas Belajar Hasil Belajar Fenomena pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas IA SDIT Nuurul Fikri Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek kurang bervariasi dan masih terpusat pada guru yaitu menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Media pembelajaran yang digunakan masih sederhana dan kurang menarik. Siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut terlihat pada proses belajar mengajar yang kurang kondusif yaitu siswa yang gaduh sendiri saat mengerjakan tugas dan saat guru menjelaskan materi. Setelah mengerjakan tugas siswa kebanyakan berlarian atau mengganggu temannya yang belum selesai mengerjakan tugas. Kemudian dalam pemantapan tentang materi guru masih belum maksimal. Ada beberapa siswa yang masih belum lancar membaca sehingga terkendala juga dalam memahami materi sehingga siswa mudah lupa dengan materi yang sudah disampaikan . Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik talking stick aktivitas siswa ketika diterapkan teknik talking stick dan hasil belajar siswa setelah diterapkan teknik talking stick. Teknik talking stick adalah teknik pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan menggunkan alat bantu tongkat yang bertujuan mendorong siswa untuk berani mengungkapkan pendapat. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dan dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data penerapan teknik talking stick dan aktivitas belajar siswa dilakukan dengan tehnik observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Pengumpulan data hasil belajar siswa setelah penerapan teknik talking stick menggunakan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IA SDIT Nuurul Fikri Trenggalek pada kompetensi dasar mengidentifikasi penyebab benda-benda bergerak (baterei per/pegas dorongan tangan dan magnet) . Aktivitas belajar siswa meningkat setelah diterapkan teknik talking stick pada siklus I dan siklus II diperoleh rata-rata 68 15 dan 75 71. Siswa yang mendapat nilai mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) meningkat dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan teknik talking stick yaitu 50% menjadi 78 57%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IA SDIT Nuurul Fikri Trenggalek. Dengan demikian disarankan agar guru menerapkan teknik pembelajaran talking stick pada pembelajaran IPA khususnya atau pada mata pelajaran lain yang sesuai dengan talking stick. Karena teknik talking stick sangat tepat diterapkan untuk memantapkan konsep materi pelajaran kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item