Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer dan sarana belajar di sekolah terhadap prestasi beljar siswa (Studi pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan kelas X administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Madiun) / Maria Beatric Nindy A.A - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer dan sarana belajar di sekolah terhadap prestasi beljar siswa (Studi pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan kelas X administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Madiun) / Maria Beatric Nindy A.A

Maria Beatric (2010) Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer dan sarana belajar di sekolah terhadap prestasi beljar siswa (Studi pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan kelas X administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Madiun) / Maria Beatric Nindy A.A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nindy Maria Beatric.2009. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dan Sarana Belajar Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada MataPelajaran Bekerjasama Dengan Kolega Dan Pelanggan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Madiun). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Nyoman Suputra M.Si (2)Drs. Sarbini Kata Kunci Media pembelajaran berbasis komputer sarana belajar di sekolah prestasi belajar siswa Secara umum pendidikan saat ini menghadapi berbagai kendala diantaranya kendala dalam pengajaran yang bersifat konvensional. Sehingga pada masa sekarang ini menyebabkan siswa merasa bosan untuk mengikuti pelajaran atau siswa menjadi kurang tertarik dengan pelajaran yang disampaikan apabila model pembelajaran yang diberikan oleh guru bersifat konvensional. Oleh karena itu seiring perkembangan teknologi dan kemajuan jaman guru dituntut untuk lebih inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran salah satu media yang dapat dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis komputer. Selain itu kendala lain yang timbul dalam kegiatan belajar adalah sarana belajar di sekolah. Pada umumnya sarana belajar di sekolah yang kurang lengkap dan nyaman menyebabkan siswa kesulitan dalam meningkatkan prestasi belajarnya karena sarana yang kurang lengkap tersebut. Penilaian prestasi belajar terhadap siswa sangat penting karena dapat diketahui sejauh mana taraf pengetahuan siswa yang dicapai selama mengikuti proses kegiatan belajar. Dalam penelitian ini prestasi belajar yang dimaksud adalah hasil belajar siswa yang diambil dari nilai raport siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk menganalisa secara parsial dan simultan pengaruh media pembelajaran berbasis komputer dan sarana belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas X administrasi perkantoran di SMK Negeri 2 Madiun pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 92 siswa yang kemudian diambil sampelnya sebanyak 60 siswa. Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengelolaan datanya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) sebagian besar responden berpendapat bahwa media komputer membantu dalam menumbuhkan motivasi serta membantu dalam kegiatan belajar para siswa dengan presentase sebayak 83%. (2) responden mengatakan kurang membantu dalam menumbuhkan motivasi serta membantu dalam kegiatan belajar para siswa dengan presentase sebanyak 17%. Untuk variabel sarana belajar di sekolah menunjukkan hasil penelitian sebagai berikut (1) sebanyak 42% responden menyatakan bahwa sarana belajar di sekolah sangat membantu dalam proses belajar siswa. (2) 57% responden menyatakan membantu dalam proses belajar siswa dan (3) 1% responden menyatakan kurang membantu dalam proses belajar siswa sedangkan tidak ada responden yang menyatakan tidak membantu dalam proses belajar siswa. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Madiun menunjukkan prestasi belajar yang baik dengan presentase 87%. Hasil analisis linear berganda juga dapat diketahui variabel media pembelajaran berbasis komputer (X1) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan(Sig) 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29588

Actions (login required)

View Item View Item