Pembelajaran berbantuan media busy book untuk meningkatkan keterampilan mengancing baju bagi siswa autis / Robihi Mardiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berbantuan media busy book untuk meningkatkan keterampilan mengancing baju bagi siswa autis / Robihi Mardiya

Mardiya, Robihi Mardiya (2023) Pembelajaran berbantuan media busy book untuk meningkatkan keterampilan mengancing baju bagi siswa autis / Robihi Mardiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mardiya Robihi 2023. Pembelajaran Berbantuan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Mengancing Baju Bagi Siswa Autis. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing. (I) Prof. Dr. Mohammad Effendi M.Pd M.Kes. (II) Dr. Pramono S.Pd M.Or. Kata Kunci Busy Book Kemampuan bina diri mengancing baju Autisme. Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah gangguan perkembangan saraf yang mempengaruhi komunikasi interaksi dan perilaku anak. Anak dengan autisme mengalami gangguan dalam perilaku interaksi sosial dan bahasa yang mempengaruhi hubungan sosial mereka. Program bina diri bagi anak autis bermanfaat untuk membantu kehidupan anak autis sehari-hari mulai dari merawat dan membersihkan diri bersosialisasi berkomunikasi dan juga menolong diri. Pemanfaatan media yang menarik membantu anak autis dalam pembelajaran bina diri mengancing baju. Media busy book digunakan untuk kegiatan pembelajaran anak terdapat berbagai kegiatan unik dapat mengembangkan keterampilan anak seperti kegiatan perawatan diri seperti mengancingkan baju mengenal konsep berhitung atau mengenal ukuran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan anak autis dalam mengancing baju sebelum menggunakan media busy book. (2) Mendeskripsikan kemampuan anak autis dalam kegiatan mengancing baju sesudah menggunakan media busy book. (3) Mendeskripsikan pengaruh media busy book terhadap peningkatan kemampuan mengancing baju anak autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Partisipan penelitian ini adalah seorang anak laki-laki berusia 10 tahun. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan presentase. Analisis dilakukan melalui pemantauan kondisi luar dan kondisi dalam. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan rata-rata dari 54% pada kondisi awal (baseline 1) menjadi 81 3% pada kondisi intervensi dan mencapai 88 8% pada kondisi akhir (baseline 2). Tidak ditemukan adanya tumpang tindih (overlap) presentase antara kondisi baseline 1 dan kondisi intervensi. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media busy book memiliki pengaruh terhadap kemampuan anak dalam melakukan aktivitas mengancing pakaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295873

Actions (login required)

View Item View Item