Implementasi muatan kurikulum dengan metode teacch siswa autis di TKLB Autisme River Kids Malang / 'Ulya' Ulumiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi muatan kurikulum dengan metode teacch siswa autis di TKLB Autisme River Kids Malang / 'Ulya' Ulumiyah

Ulumiyah, 'ulya' (2022) Implementasi muatan kurikulum dengan metode teacch siswa autis di TKLB Autisme River Kids Malang / 'Ulya' Ulumiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muatan kurikulum bagi anak autis dapat dicapai dengan baik menggunakan berbagai cara salah satunya dengan metode TEACCH yang terbukti evidence base. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi muatan kurikulum dengan metode TEACCH siswa autis di TKLB Autisme River Kids. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus melalui kegiatan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui upaya reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan kemudian data diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum modifikasi dengan metode TEACCH siswa autis di TKLB Autisme River Kids Malang berjalan saling berkaitan. Penataan lingkungan diterapkan di seluruh area sekolah tidak terbatas di dalam kelas saja secara terkoding dan terstruktur sehingga siswa dapat membedakan tempat belajar dan bermain. Informasi visual dijadikan sebagai dukungan pemahaman dalam semua muatan konten kurikulumnya diantaranya ALS untuk konten komunikasi reseptif dan ekspresif sikuen untuk konten motorik kasar papan bergiliran untuk konten perhatian dan interaksi sosial serta berbagai peraga visual lainnya termasuk dalam penjadwalan secara visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:29
Last Modified: 19 Dec 2023 04:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295872

Actions (login required)

View Item View Item