Peran orang tua dalam edukasi seksual autis usia remaja di slb yayasan putra pancasila / Alifah Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran orang tua dalam edukasi seksual autis usia remaja di slb yayasan putra pancasila / Alifah Nur Azizah

Azizah, Alifah Nur Azizah (2023) Peran orang tua dalam edukasi seksual autis usia remaja di slb yayasan putra pancasila / Alifah Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Edukasi seksual merupakan salah satu pembelajaran yang perlu diberikan pada anak usia remaja terutama anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus pada dasarnya memiliki perkembangan seksual sama seperti anak regular pada umumnya terutama pada anak autis yang memiliki sedikit pengetahuan mengenai edukasi seksual dan orang tua yang merasa tabu untuk mengajarkan seksualitas pada anak. Orang tua memiliki peran penting dalam memberikan edukasi seksual pada anak autis untuk memiliki pemahaman mengenai seksualitas. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemahaman dan peran orang tua anak dengan autis di usia remaja terhadap edukasi seksual. Pemahamn orang tua berupa pengetahuan yang dimiliki yang terdiri tanda-tanda dan usia pubertas. Peran orang tua pada edukasi seksual yaitu sebagai pendidik pembimbing pemantau dan evaluator bagi anak autis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus atau case studies. Metode penelitian kulitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme digunakan untuk meneliti objek yang alamiah dengan menggunakan instrumen kunci tekik pengumpulan dengan menggunakan triangulasi dan analisis data bersifat induktif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil data akan ditriangulasi menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan orang tua memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman seksual kepada anak autis. Namun pemahaman orang tua masih terbatas pada tahapan pubertas dan tanda-tanda pubertas pada remaja. Pendekatan yang digunakan orang tua untuk memberikan pemahaman pada anak autis beragam yaitu dengan menggunakan pendekatan visual bahasa sederhana yang mudah dipahami dan pengulangan kata untuk mengkomunikasikan pendidikan seksual pada anak autis. Peran orang tua dalam mengajarkan edukasi seksual meliputi pendidikan pendampingan pemantauan dan evaluasi. Sebagai pendidik orang tua memberikan pemahaman kepada anak autis sebagai pendampung mereka mendampingi anak selama masa pubertas berlangsung sebagai pemantau orang tua mengawasi perkembangan anak autis selama masa pubertas. Sebagi evaluator orang tua mengevaluasi pemahaman anak autis melalui pengamatan atau pemantauan yang dilakukan secara berkala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295868

Actions (login required)

View Item View Item