Pengembangan media pembelajaran berbasis gamification pada smartphone dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia di sekolah dasar / Muhammad Hafiz - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis gamification pada smartphone dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia di sekolah dasar / Muhammad Hafiz

Hafiz, Muhammad Hafiz (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis gamification pada smartphone dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia di sekolah dasar / Muhammad Hafiz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis gamification pada smartphone dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia di sekolah dasar. Media pembelajaran ini memiliki beberapa fitur yaitu gambar dan suara guna menarik minat membaca siswa. Dengan adanya fitur-fitur tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dari Dick and Carry yang terdiri dari lima fase yang berbeda yaitu 1) analisis desain 2) pengembangan 3) implementasi dan 5) evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan angket. Analisis data menggunakan analisis validasi dari ahli materi media dan praktisi serta menggunakan teknik perhitungan N-Gain yang dilakukan untuk menghitung hasil pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasisi gamification pada smartphone dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia di sekolah dasar sangat valid. Hasil dari validator ahli materi diperoleh skor senilai 91% 96% dan 98% hasil validasi dari ahli media diperoleh skor senilai 83% 98% dan 94% dan hasil validasi dari praktisi memperoleh skor senilai 96% dan 96%. Nilai N Gain mengalami peningkatan setelah penggunaan media hasil siswa pertama adalah 92% sedangkan hasil siswa kedua adalah 86%. Hal ini menunjukkan persentase yang tinggi dan media dianggap efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295866

Actions (login required)

View Item View Item