Cahya, Shella Gumani Cahya (2023) Pengaruh penggunaan teknik time out terhadap ketahanan duduk anak autis di sd anak saleh kota malang / Shella Gumani Cahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anak autis merupakan anak dengan gangguan perkembangan pervasif yang membuat mereka tidak mampu mengekspresikan perasaan maupun keinginan sehingga perilaku dan hubungan dengan orang lain menjadi terganggu. Gangguan yang sering dialami oleh anak autis adalah gangguan pada pemusatan konsentrasi dan perilaku hiperaktif yang menyebabkan anak tidak dapat duduk tenang atau tidak tahan duduk selama pembelajaran di kelas. Oleh karena itu diperlukan teknik time out untuk memberikan pengaruh terhadap ketahanan duduk anak autis selama pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan ketahanan duduk anak autis di SD Anak Saleh Kota Malang pada kondisi baseline-1 (A1). Mendeskripsikan kemampuan ketahanan duduk anak autis di SD Anak Saleh Kota Malang pada kondisi intervensi (B). Mendeskripsikan kemampuan ketahanan duduk anak autis di SD Anak Saleh Kota Malang pada kondisi baseline-2 (A2). Mendeskripsikan pengaruh teknik time out terhadap ketahanan duduk anak autis. Single Subject Research (SSR) dengan model desain A-B-A merupakan metode penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini. Metode grafik visual digunakan untuk menganilis data penelitian dalam kondisi dan anlisis visual antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan mean level kondisi baseline-1 (A1) sebesar 45 8% kondisi intervensi (B) adalah 72 5% yang menunjukkan peningkatan dan kondisi baseline-2 (A2) adalah 88 9%. Presentasi overlap antar kondisi 0% tumpang tindih. Hal ini menunjukkan bahwa intervensi teknik time out di SD Anak Saleh Kota Malang mempengaruhi ketahanan duduk anak autis. Saran tindak lanjut agar guru dapat menggunakan teknik time out untuk mengatasi ketahanan duduk atau perilaku hiperaktivitas anak autis. Peneliti selanjutnya diharapkan menambahkan prosedur teknik time out sebagai bahan rujukan dan referensi untuk anak berkebutuhan khusus lainnya agar tercipta kondisi belajar mengajar yang kondusif dan anak bisa berkonsentrasi selama pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |