Implementasi model pembelajaran berbasis alam untuk siswa tunagrahita kelas IV di SLB Tamima Mumtaz Pujon / Sunu Tasika Dwi Angelina - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran berbasis alam untuk siswa tunagrahita kelas IV di SLB Tamima Mumtaz Pujon / Sunu Tasika Dwi Angelina

Angelina, Sunu Tasika Dwi (2022) Implementasi model pembelajaran berbasis alam untuk siswa tunagrahita kelas IV di SLB Tamima Mumtaz Pujon / Sunu Tasika Dwi Angelina. Post-Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model Pembelajararan Berbasis Alam yaitu belajar tentang alam belajar menggunakan alam dan belajar bersama alam. Anak tunagrahita dapat didefinisikan sebagai individu yang secara signifikan memiliki intelegensi dibawah intelegensi normal. Salah satu hambatan yang dialami pada anak tunagrahita yaitu memiliki kemampuan berpikir abstrak atau sulit membayangkan benda atau objek tanpa bantuan benda dan objek yang nyata atau yang bersifat konstektual. Daya ingat rendah juga merupakan salah satu hambatan untuk anak tunagrahita dan dapat mengingat pelajaran dengan sempurna. Melalui pembelajaran berbasis alam siswa dapat menemukan memahami dan menerapkan secara langsung proses belajar pada berbagai aspek dalam kehidupan secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi model pembelajaran berbasis alam untuk siswa tunagrahita di SLB Tamima Mumtaz Pujon serta upaya untuk meningkatkan pembelajaran berbasis alam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap perencanaan model pembelajaran berbasis alam menggunakan kurikulum 2013 yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa yang disesuaikan dengan keadaan sekolah dan menggunakan strategi dengan pendekatan lingkungan serta pembelajaran kontekstual. Tahap evaluasi model pembelajaran berbasis alam menggunakan evaluasi formatif dan sumatif. Upaya meningkatkan model pembelajaran berbasis alam dengan kelebihan siswa tunagrahita akan memberi sejumlah pengalaman belajar langsung (real learning) dan sejumlah pembelajarn secara nyata (real instructions). Saran dari penelitian ini diperuntukkan kepada (1) sekolah memberikan pelayanan secara maksimal dalam pembelajaran siswa berupa penyediaan sarana prasarana untuk penunjang kegiatan belajar mengajar khususnya mendukung pengembangan model pembelajaran berbasis alam. (2) guru diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan dengan kreatif dan inovatif. Sehingga merasa nyaman dan tidak merasa bosan dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2022 04:29
Last Modified: 26 Mar 2024 03:53
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295859

Actions (login required)

View Item View Item