Optimalisasi kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak dengan autisme melalui teknik discrete trial training (dtt) di omah terapi autis malang / Adinda Shalsabilla - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimalisasi kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak dengan autisme melalui teknik discrete trial training (dtt) di omah terapi autis malang / Adinda Shalsabilla

Shalsabilla, Adinda Shalsabilla (2023) Optimalisasi kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak dengan autisme melalui teknik discrete trial training (dtt) di omah terapi autis malang / Adinda Shalsabilla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterbatasan kemampuan bahasa reseptif dan ekpresif anak dengan autisme menjadi suatu masalah yang berdampak pada kehidupan sehari-harinya. Pemilihan teknik pembelajaran yang tepat sangat penting dalam keberhasilan optimalisasi kemampuan anak. Teknik discrete trial training dipilih untuk mengoptimalkan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak. Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan kondisi awal kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif proses optimalisasi kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif menggunakan teknik DTT dan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak dengan autisme setelah diberikan teknik DTT. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal atau single subject research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif pada kondisi awal sebelum diberikan intervensi (A1) diperoleh mean level 23 73 dan 5 60. Pada proses pemberian intervensi menggunakan teknik DTT (B) diperoleh mean level 80 25 dan 41 63. Sedangkan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif setelah pemberian teknik DTT (A2) diperoleh mean level 77 60 dan 35 80. Persentase overlap pada penelitian ini menunjukkan 0% sehingga dapat diartikan penggunaan teknik DTT memberikan pengaruh yang baik terhadap kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif anak dengan autisme. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan yang baik. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan teknik DTT dapat mengoptimalkan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif pada anak autisme di Omah Terapi Autis Malang. Meski begitu nilai efektivitas ini masih rendah. Peningkatan kemampuan bahasa ekspresif subjek masih tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295857

Actions (login required)

View Item View Item