Bunova, Awramadha Salsa Bunova (2023) Pengaruh media game edukasi terhadap kemampuan mengenal anggota tubuh siswa tunagrahita di sdlb sumber dharma malang / Awramadha Salsa Bunova. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterbatasan intelektual siswa tunagrahita menjadi suatu masalah yang menganggu pembelajaran di sekolah salah satunya pada materi mengenal anggota tubuh. Pemilihan metode dan media pembelajaran yang mudah diterima oleh siswa sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran. Media game edukasi marbel bagian tubuh dipilih untuk membantu siswa dalam pembelajaran mengenal anggota tubuh. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media game edukasi dalam meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh siswa tunagrahita di SDLB Sumber Dharma Malang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 4 siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Pengumpulan data dilakukan dengan menetapkan populasi dan sampel variabel bebas dan terikat instrumen penelitian validasi pengumpulan data analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan Uji-T Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS 26 for window dengan data hasil pre-test dan post-test. Hasil analisis data diketahui kemampuan awal siswa (pre-test) dalam mengenal anggota tubuh sebelum diberikan media game edukasi berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 61 5. Sedangkan kemampuan akhir siswa (post-test) dalam mengenal anggota tubuh setelah diberikan media game edukasi berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 77 5. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh siswa tunagrahita kelas V di SDLB Sumber Dharma Malang. Peneliti mengharapkan media game edukasi dapat digunakan guru dalam pemberian pelajaran tidak hanya IPA tetapi mata pelajaran lainnya. Juga dikarenakan dengan media game edukasi terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:14 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |