Alimah, Siti Alimah (2023) Penggunaan metode aba (applied behavior analysis) berbantuan media kolase untuk meningkatkan konsentrasi siswa autis di slb idayu 2 pakis malang / Siti Alimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Autis adalah gangguan pada seseorang yang yang menunjukkan gejala seperti memiliki dunianya sendiri. Dampak dari siswa yang mengalami autis adalah gangguan konsentrasi sehingga dibutuhkan metode dan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi siswa. Metode ABA merupakan salah satu metode yang tepat untuk diterapkan kepada siswa autis. Media kolase merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan konsentrasi siswa autis. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu (1) untuk mendeskripsikan kemampuan konsentrasi siswa autis di SLB Idayu 2 Pakis Malang sebelum kondisi intervensi (2) untuk mendeskripsikan kemampuan konsentrasi siswa autis di SLB Idayu 2 Pakis Malang setelah kondisi intervensi (3) untuk menganalisis efektifitas metode ABA berbantuan media kolase dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi siswa autis di SLB Idayu 2 Pakis Malang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan model A-B-A dan menggunakan satuan skor presentase. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa autis di SLB Idayu 2 Pakis Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penggunaan metode aba berbantuan media kolase sebagai bentuk intervensi terhadap peningkatan konsentrasi. Keadaan ini ditunjukan pada penelitian kemampuan konsentrasi pada kondisi baseline-1 (A1) berkisar antara 47%-57% dan pada kondisi intervensi(B) 70%-90% kemudian pada kondisi kontrol yaitu baseline-2 (A2) menunjukan skor 93%-97%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan metode ABA berbantuan media kolase yang diterapkan pada siswa autis terhadap kemampuan konsentrasi siswa autis. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan presentase overlap B/A1 yang menunjukan hasil 0 % dan mengalami peningkatan kemampuan konsentrasi sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Adapun saran bagi sekolah dari hasil penelitian ini adalah guru dapat menerapkan media yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |