Pengaruh media kartu gambar terhadap kemampuan menggosok gigi siswa tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis Malang / Nabilah Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media kartu gambar terhadap kemampuan menggosok gigi siswa tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis Malang / Nabilah Mufidah

Mufidah, Nabilah (2023) Pengaruh media kartu gambar terhadap kemampuan menggosok gigi siswa tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis Malang / Nabilah Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki kekurangan atau keterbatasan dari segi mental dan intelektualnya dibawah rata-rata normal sehingga mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas akademik menjalin komunikasi serta hubungan sosial. Ketidakmampuan menjalankan tugas-tugas akademik tersebut akan berdampak pada kurangnya pencapaian nilai akademik jika dibandingkan dengan siswa regular. Salah satu ketidakmampuan anak tunagrahita yaitu menggosok gigi mandiri secara benar. Pemanfaatan media yang menarik juga membantu anak tunagrahita dalam membantu pembelajaran menggosok gigi. Kartu gambar adalah salah satu media bergambar yang dapat menyajikan informasi kegiatan menggosok gigi secara akurat dan benar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui perbedaan kemampuan anak tunagrahita dalam kegiatan menggosok gigi dengan bantuan media dibanding tanpa media. (2) Mengetahui pengaruh media kartu gambar terhadap peningkatan kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Single Subject Reasearch (SSR) dengan desain A-B-A rsquo . Subjek penelitian J (12 Tahun) yang berjenis kelamin laki-laki. Jenis pengukuran yang digunakan adalah presentase. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah antar kondisi dan dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perubahan peningkatan mean level yang meningkat dari 55% pada kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi 83% dan kondisi baseline-2 85%. Perhitungan presentase overlap antara kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi adalah 0%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media kartu gambar terhadap kemampuan bina diri menggosok gigi anak tunagrahita. Saran dari penelitian ini antara lain (1) Guru diharapkan mampu menggunakan teknik pembelajaran maupun media pembelajaran yang sesuai serta efektif sehingga pembelajaran tersebut dapat menarik rasa ingin tahu anak dan dapat diterima oleh anak tunagrahita. (2) Orang tua diharapkan mampu bekerja sama dengan mengembangkan kemandirian anak tunagrahita dengan tidak terus menerus membantu anak untuk melakukan kegiatan menggosok gigi pada kehidupan sehari-hari. (3) Perlu diadakan penelitian yang lebih mendasar dalam pembelajaran kemampuan menggosok gigi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:29
Last Modified: 13 Dec 2023 07:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295849

Actions (login required)

View Item View Item