Penerapan fitur edukasi uang aplikasi edufin.id terhadap literasi keuangan penyandang disabilitas netra / Eka Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan fitur edukasi uang aplikasi edufin.id terhadap literasi keuangan penyandang disabilitas netra / Eka Nurhayati

Nurhayati, Eka Nurhayati (2023) Penerapan fitur edukasi uang aplikasi edufin.id terhadap literasi keuangan penyandang disabilitas netra / Eka Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhayati Eka. 2023. PenerapanFitur Edukasi Uang Aplikasi Edufin.Id terhadap Literasi Keuangan Penyandangan Disabilitas Netra. Skripsi. Departemen Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ranti Novianti M.Pd (2) Muchamad Irvan S.Pd. M.Pd Kata Kunci Disabilitas Netra Literasi Keuangan Fitur Edukasi Uang Aplikasi Edufin.Id Disabilitas netra yang merupakan penyandang disabilitas yang memiliki predikat unbankable dan memiliki tingkat literasi keuangan yang less literate. Kondisi ini berkaitan erat dengan literasi keuangan yang dimiliki oleh disabilitas netra. sehingga literasi keuangan yang dimiliki oleh disabilitas netra perlu adanya peningkatan. Penelitian yang dilakukan dengan tujuan (1) memberikan pembelajaran literasi keuangan dengan menggunakan fitur edukasi uang (2) memberikan edukasi mengenai pengelolaan keuangan (3) memberikan uraian pengetahuan siswa mengenail literasi keuangan (4) menguraikan proses pemberian meteri literasi keuangan melalui fitur edukasi uang aplikasi Edufin.Id (5) menguraikan hasil pemberian materi pengelolaan keuangan dan (6) menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi literasi keuangan pada siswa disabilitas netra. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan desain time series design without control. Subjek yang digunakan adalah siswa disabilitas netra jenjang SMA dengan jumlah 3 siswa yang diantaranya 2 siswa dari SLB ABD Negeri Kedungkandang dan 1 siswa dari SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Dengan desain penelitian tersebut dilakukan empat kali pre-test dan empat kali post-test. Hasil perolehan nilai melalui kegiatan pre-test memperoleh hasil rata-rata pre-test 24 dan nilai rata-rata post-test 76 3. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada perolehan nilai pre-test post-test. Peningkatan nilai siswa dari pelaksanaan pre-test dan post-test tersebut tidak lepas dari faktor-faktor yang memberikan dampak positif maupun negatif terhadap proses pembelajaran literasi keuangan pada siswa disabilitas netra. Adapun faktor tersebut yaitu faktor dari daya ingat siswa terhadap materi motivasi belajar siswa terkait dengan literasi kondisi lingkungan pada saat pelaksanaan dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295846

Actions (login required)

View Item View Item