Afrimah, Mutiara Alif Afrimah (2023) Penerapan metode bermain peran (role play) terhadap ketepatan komunikasi verbal siswa autis di slb c autis negeri kedungkandang / Mutiara Alif Afrimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Komunikasi verbal menjadi bagian penting dalam kehidupan. Anak dengan kemampuan komunikasi verbal yang baik mampu berinteraksi dan menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungannya. Peserta didik termasuk autis ringan dimana anak memiliki kemampuan dalam berbicara hanya saja kesullitan ketika diajak berkomunikasi verbal. Sehingga dalam mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya sebuah intervensi seperti metode dalam pembelajaran. Metode Bermain peran merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa autis. Pada pelaksanaan Bermain Peran siswa tidak melakukan peran seperti anak pada umunya namun guru menggunakan modifikasi dengan bantuan media boneka tangan. Selain itu juga menggunakan beberapa tahap diantaranya Memilih peran menirukan guru melakukan peran evaluasi. Karena metode ini digunakan untuk anak autis sehingga memerlukan modifikasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meliputi (1) untuk mengetahui kemampuan komunikasi verbal siswa autis di SLB C Autis Negeri Kedungkandang sebelum menggunakan metode bermain peran (Role Play) (2) untuk mendeskripsikan ketetapan komunikasi verbal siswa autis di SLB C Autis Negeri Kedungkandang setelah menggunakan metode bermain peran (Role Play) (3) untuk menganalisis pengaruh metode bermain peran (Role Play) terhadap ketepatan komunikasi verbal siswa autis kelas 3 di SLB C Autis Negeri Kedungkandang. Metode penelitian ini yaitu eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Instrumen penelitian berupa instrumen kinerja kemampuan komunikasi verbal dan pedoman observasi dengan menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif yang meliputi analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode bermain peran (Role Play) terhadap kemampuan komunikasi verbal siswa autis kelas 3 dengan perolehan skor berkisar antara 45%-49% pada kondisi baseline pertama (A1) 87%-89% pada kondisi intervensi (B) 88%-92% pada kondisi baseline kedua (A2). Perolehan presentase overlap 0% dan adanya peningkatan skor terhadap kemampuan komunikasi verbal pada kondisi baseline kedua (A2) mengindikasikan metode bermain peran (Role Play) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi verbal siswa autis kelas 3 di SLB C Autis Negeri Kedungkandang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |