Pengaruh minat memilih program keahlian administrasi perkantoran terhadap prestasi belajar ( Studi pada siswa kelas XI dan XII program keahlian administrasi perkantoran SMK Ardjuna 2 Malang ) / Femia Yuhandika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat memilih program keahlian administrasi perkantoran terhadap prestasi belajar ( Studi pada siswa kelas XI dan XII program keahlian administrasi perkantoran SMK Ardjuna 2 Malang ) / Femia Yuhandika

Femia (2010) Pengaruh minat memilih program keahlian administrasi perkantoran terhadap prestasi belajar ( Studi pada siswa kelas XI dan XII program keahlian administrasi perkantoran SMK Ardjuna 2 Malang ) / Femia Yuhandika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuhandika Femia. 2009. Pengaruh Minat Memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran terhadap Prestasi Belajar (Studi Pada Siswa Kelas XI dan XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 2 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Gatot Isnani M.Si (II) Imam Buchori S.Pd M.Si. Kata Kunci Minat memilih program keahlian Administrasi Perkantoran prestasi belajar. Belajar atau bekerja pada bidang yang diminati akan membuat seseorang bergairah bersemangat dan memberi kenikmatan dalam mempelajari melakukan serta menjalaninya. Mengembangkan minat pada program keahlian diperlukan agar seseorang belajar atau dikemudian hari bisa bekerja di bidang yang diminatinya dan sesuai dengan keahlian yang dimilikinya sehingga mereka bisa mengembangkan kapabilitas untuk belajar serta bekerja secara optimal dengan penuh antusias. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Minat siswa kelas XI dan XII APK SMK Ardjuna 2 Malang dalam memilih program keahlian Administrasi Perkantoran berdasarkan minat sosial minat pribadi minat pada pendidikan minat pada pekerjaan (2) Prestasi belajar siswa kelas XI dan XII APK SMK Ardjuna 2 Malang (3) Pengaruh minat siswa dalam memilih program keahlian Administrasi Perkantoran terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII APK SMK Ardjuna 2 Malang. Penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini diambil dari keseluruhan siswa kelas XI dan XII program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Ardjuna 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 50 siswa yang semuanya dijadikan subyek penelitian jadi penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan skala Likert dengan 5 alternatif jawaban dan teknik dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan (1) Dari analisis statistik deskriptif diketahui minat sosial sebesar 48% (24 siswa) minat pribadi sebesar 54% (27 siswa) minat pada pendidikan sebesar 68% (34 siswa) minat pada pekerjaan sebesar 68% (34 siswa) maka minat memilih program keahlian Administrasi Perkantoran siswa kelas XI dan XII APK SMK Ardjuna 2 Malang termasuk tinggi. (2) Dari analisis statistik deskriptif diketahui sebagian besar yaitu 86% (43 siswa) mempunyai prestasi belajar yang baik dengan kriteria lulus baik. (3) Berdasarkan pengujian hipotesis (uji t) dapat diketahui terdapat pengaruh positif yang signifikan minat memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII APK SMK Ardjuna 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010. (3) Siswa kelas XI dan XII APK SMK Ardjuna 2 Malang mempunyai prestasi belajar yang baik hal ini dapat diketahui dari nilai raport tahun pelajaran 2008/2009 pada program produktif yang menunjukkan sebesar 43 (86%) responden mempunyai prestasi belajar dengan kriteria lulus baik (4) Terdapat ii pengaruh positif yang signifikan minat memilih Program Keahlian Administrasi Perkantoran terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII APK SMK Ardjuna 2 Malang. Hal ini dibuktikan dengan Sig. t 0 000 0 05 dengan thitung 4 131 ttabel 2 012 dan B sebesar 0 019. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian adalah (1) Mengadakan perbaikan dan menambah serta memanfaatkan fasilitas yang ada khususnya pada program keahlian Administrasi Perkantoran (2) mengaplikasikan langsung teori-teori yang dipelajari pada program produktif (3) Mengadakan kerjasama dengan DU/DI (4) Menyampaikan materi semenarik mungkin dengan menggunakan berbagai metode mengajar atau media tertentu (5) Menggali dan mengembangkan minat siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29584

Actions (login required)

View Item View Item