Pengaruh media boneka terhadap kemampuan mengenakan baju beresleting bagi anak autis di slb autis laboratorium um / Fadhila Febriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media boneka terhadap kemampuan mengenakan baju beresleting bagi anak autis di slb autis laboratorium um / Fadhila Febriani

Febriani, Fadhila (2023) Pengaruh media boneka terhadap kemampuan mengenakan baju beresleting bagi anak autis di slb autis laboratorium um / Fadhila Febriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan mengenakan baju beresleting merupakan salah satu hal penting yang perlu diajarkan sejak dini kepada anak karena memakai baju beresleting merupakan kepentingan pribadi setiap individu. Namun tidak semua anak mampu mengenakan pakaian beresleting salah satunya yaitu anak autis. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan media yang mampu menunjang pembelajaran mengenakan baju beresleting bagi anak autis sehingga mereka mampu mengenakan baju beresleting dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini 1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan mengenakan baju beresleting anak autis dengan diberikan intervensi dan tanpa diberikan intervensi media boneka 2) untuk mengetahui pengaruh media boneka terhadap kemampuan mengenakan baju beresleting anak autis di SLB Autis Laboratorium UM. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan metode A-B-A. Desain A-B-A menunjukkan adanya hubungan sebab akibat antara variable terikat dan variable bebas. Variable bebas dalam penelitian ini adalah media boneka sedangkan variable terikat adalah kemampuan mengenakan baju beresleting anak autis di SLB Autis Laboratorium UM. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif media boneka terhadap kemampuan mengenakan baju beresleting anak autis di SLB Autis Laboratorium UM dengan persentase overlap sebesar 0%. Perolehan mean level pada kondisi baseline-1 (A1) 54 2 intervensi (B) 92 8 Baseline-2 (A2) 94 2. Hasil dari mean level yang diperoleh mempengaruhi kecenderungan arah dan jejak data yang meningkat dan memiliki pengaruh positif ( ). Saran untuk guru yaitu guru dapat menggunakan media boneka dalam pembelajaran bina diri mengenakan baju beresleting sehingga dapat menarik minat belajar anak. Sedangkan saran untuk peneliti lain yaitu dapat menjadi referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:29
Last Modified: 27 Sep 2024 01:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295839

Actions (login required)

View Item View Item