Metode pembelajaran ‘kakak’ dalam kegiatan pengkabaran injil kelompok tumbuh bersama (ktb) “wacana” di unit kegiatan mahasiswa (ukm) imakris universitas negeri malang / Michellio Hose Vandecosta - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran ‘kakak’ dalam kegiatan pengkabaran injil kelompok tumbuh bersama (ktb) “wacana” di unit kegiatan mahasiswa (ukm) imakris universitas negeri malang / Michellio Hose Vandecosta

Vandecosta, Michellio Hose Vandecosta (2023) Metode pembelajaran ‘kakak’ dalam kegiatan pengkabaran injil kelompok tumbuh bersama (ktb) “wacana” di unit kegiatan mahasiswa (ukm) imakris universitas negeri malang / Michellio Hose Vandecosta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kelompok Tumbuh Bersama (KTB) merupakan salah satu program pemuridan yang menjadi salah satu tugas dan panggilan umat kristiani. Dalam kegiatan KTB terkandung proses pembelajaran yang terjadi antara lsquo kakak rsquo sebagai fasilitator dengan lsquo adik rsquo sebagai peserta didik. Sehingga tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui metode-metode pembelajaran yang digunakan oleh lsquo kakak rsquo untuk mengetahui proses penerapan metode pembelajaran serta untuk mengetahui hasil yang didapatkan setelah lsquo kakak rsquo menerapkan suatu metode pembelajaran tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini ialah lsquo kakak rsquo dan lsquo adik rsquo dalam KTB ldquo WaCaNa rdquo yang secara rutin melaksanakan kegiatan pembelajaran Injil pada frekuensi waktu tertentu dan juga CO pengurus Sie PI-KTB tahun 2022. Dalam mengumpulkan data penelitian peneliti menggunakan metode wawancara observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian antara lain (1) metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran Injil di KTB ldquo WaCaNa rdquo ialah metode ceramah metode tanya jawab dan metode diskusi (2) Kendala metode ceramah ialah lsquo adik rsquo gagal memahami materi pembelajaran yang berat dan suasana kelas yang membuat kantuk. Sedangkan faktor pendukungnya ialah penguasaan materi oleh lsquo kakak rsquo . Kendala metode tanya jawab ialah lsquo adik rsquo kesulitan/malu untuk menjawab dan bertanya. Faktor pendukung metode tanya jawab ialah adanya buku atau sumber belajar pengalaman pribadi lsquo adik rsquo ataupun lsquo kakak rsquo dan pelibatan lsquo adik rsquo untuk menjawab. Kendala metode diskusi ialah pembahasan yang melebar tanpa arah. Faktor pendukung metode diskusi yaitu adanya buku/sumber belajar dan (3) bentuk partisipasi lsquo adik rsquo yang kurang pada metode ceramah namun tinggi pada metode diskusi dan tanya jawab. Tingkat motivasi yang sedang pada metode ceramah dan tanya jawab namun cenderung tinggi pada metode diskusi. Tingkat pemahaman yang ditandai dengan perubahan pengetahuan pada metode ceramah dan metode tanya jawab dan perubahan sikap dan sifat pada metode diskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295813

Actions (login required)

View Item View Item