Pengelolaan program pendampingan pembuatan eco enzyme di desa tulungrejo / Jaduk Dananjaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan program pendampingan pembuatan eco enzyme di desa tulungrejo / Jaduk Dananjaya

Dananjaya, Jaduk Dananjaya (2023) Pengelolaan program pendampingan pembuatan eco enzyme di desa tulungrejo / Jaduk Dananjaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dananjaya jaduk. 2023. Skripsi Pengelolaan Program Pendampingan Pembuatan Eco enzyme Sebagai Wahana Peningkatan Keterampilan Masyarakat Dalam Mengolah Sampah Organik (Studi Kasus Relawan Eco enzyme Desa Tulungrejo) Departemen Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Sucipto M.S. (2) Kukuh Miroso Raharjo M.Pd. Kata Kunci pengelolaan program eco enzyme Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pengelolaan program yang dilakukan oleh relawan eco enzyme Desa Tulungrejo. Pengelolaan program menjadi faktor utama keberhasilan pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan masyarakat dilakukan guna mengatasi permasalahan sosial. Salah satu permasalahan sosial yang berskala nasional adalah pengelolaan sampah. Minimnya keterampilan masyarakat dalam mengolah sampah dapat berakibat penumpukan sampah yang bisa menyebabkan banjir tercemarnya udara sanitasi lingkungan kurang baik bahkan bisa berdampak pada kesehatan. Salah satu upaya dalam menangani permasalahan sosial tersebut adalah dengan program pemberdayaan masyarakat berupa peningkatan keterampilan masyarakat dalam mengolah sampah melalui program eco enzyme sebagaimana program yang dijalankan oleh Desa Tulungrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan di relawan eco enzyme Desa Tulungrejo dengan judul penelitian Pengelolaan Program Pendampingan Pembuatan Eco enzyme di Desa Tulungrejo. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data (data reduction) penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (verification). Pengecekan keabsahan data penelitian ini dilakukan dengan cara peningkatan pengamatan peneliti triangulasi data dan kecukupan referensi data dengan saran dari dosen pembimbing. Hasil penelitian ini berdasarkan temuan peneliti menunjukkan hasil pengelolaan program pendampingan pembuatan eco enzyme berhasil mempengaruhi orang banyak dikarenakan relawan eco enzyme Desa Tulungrejo mampu menjalankan peran sebagai community development dengan baik dan penggunaan strategi pendekatan masyarakat yang tepat. Hasil dari pelaksanaan program ini adalah Ibu Rumah tangga Desa Tulungrejo menggunakan eco enzyme sebagai bahan pembersih seperti sabun mandi deterjen pembersih kaca dan sabun pel. Sedangkan golongan peternak menggunakan eco enzyme sebagai penghilang bau kotoran dan pencegah PMK lalu golongan petani menggunakan eco enzyme untuk pestisida nabati dan pupuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295812

Actions (login required)

View Item View Item