Interaksi sosial warga belajar dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa inggris di kampung inggris kabupaten kediri / Risa Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi sosial warga belajar dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa inggris di kampung inggris kabupaten kediri / Risa Rahmawati

Rahmawati, Risa Rahmawati (2023) Interaksi sosial warga belajar dalam upaya meningkatkan kemampuan bahasa inggris di kampung inggris kabupaten kediri / Risa Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pola interaksi sosial merupakan suatu pola pembelajaran yang memfokuskan pada terjalinnya hubungan antar warga belajar satu dengan yang lain. Pada dasarnya manusia tidak akan bisa mengasingkan diri dari interaksi sosial. Dalam pengertian yang lebih luas pola hubungan tersebut mengacu pada hubungan individu dengan lingkungannya terutama masyarakat. Dalam metode pembelajaran terdapat satu hal penting yang harus diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar yaitu praktik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi sosial yang terdapat di Kampung Inggris serta manfaat yang diperoleh dari hasil interaksi sosial tersebut bagi warga belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan deskriptif naratif. Lokasi penelitian berlatar di Kampung Inggris Kec. Pare Kabupaten Kediri. Informan dari penelitian ini berasal dari berbagai kalangan yakni Ketua Forum Kampung Bahasa (FKB) Direktur Lembaga Kursus Tutor serta berfokus kepada Warga Belajar. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi serta studi dokumenter. Analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan membuat kesimpulan. Selanjutnya hasil analisis data dilakukan uji kredibilitas untuk mengetahui keabsahan data melalui teknik triangulasi. Hasil temuan yang diperoleh berupa proses interaksi sosial di Kampung Inggris yang dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Hal tersebut terjadi dikarenakan terdapat peraturan yang ditetapkan oleh setiap lembaga kursus agar warga belajar menerapkan teori yang sudah mereka dapatkan di kelas dalam kehidupan sehari hari. Adanya aturan dan hukuman yang diterapkan oleh setiap lembaga kursus di Kampung Inggris memaksa warga belajar untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya di setiap keadaan. Sampai akhirnya kebiasaan yang dibangun dalam lingkungan lembaga kursus tersebut dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris warga belajar. Saran dari hasil penelitian ini agar lembaga kursus mempertahankan aturan interaksi sosial menggunakan bahasa inggris agar warga belajar dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya setiap saat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295811

Actions (login required)

View Item View Item