Keterlibatan masyarakat lokal dalam pengelolaan wisata edukasi lumbung stroberi / Arina Cahya Dharmaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterlibatan masyarakat lokal dalam pengelolaan wisata edukasi lumbung stroberi / Arina Cahya Dharmaningrum

Dharmaningrum, Arina Cahya Dharmaningrum (2023) Keterlibatan masyarakat lokal dalam pengelolaan wisata edukasi lumbung stroberi / Arina Cahya Dharmaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di Indonesia kegiatan pariwisata menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan suatu daerah dengan potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut. Seperti pada wisata edukasi Lumbung Stroberi yang didirikan untuk memberdayakan masyarakat Desa Pandanrejo. Dalam pemberdayaan masyarakat dikatakan berhasil jika masyarakat terlibat langsung dalam pembangunan dan juga pengelolaannya seperti pada wisata edukasi lumbung stroberi perlu diketahui bagaimana keterlibatan masyarakat lokal didalamnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses awal hingga sekarang berdirinya wisata edukasi Lumbung Stroberi mengetahui keterlibatan masyarakat lokal dalam pengelolaannya serta mengetahui dampak dan hasil dari berdirinya wisata edukasi Lumbung Stroberi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Melalui jenis penelitian studi kasus peneliti dapat menganalisa dan menjelaskan secara mendalam suatu fenomena mengenai Keterlibatan Masyarakat Lokal Dalam Pengelolaan Wisata Edukasi Lumbung Stroberi Di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Peneliti menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi dalam proses penelitian. Hasil penelitian dari keterlibatan masyarakat lokal dalam pengelolaan wisata edukasi Lumbung Stroberi yaitu wisata edukasi Lumbung Stroberi berdiri karena suatu permasalahan yang ada di Desa Pandanrejo yang mana banyaknya petani buah stroberi sehingga ketika panen raya banyak petani yang mengalami kerugian. Dalam pengelolaan lumbung stroberi melibatkan masyarakat lokal dalam tahap perencanaan dengan dilibatkan dalam rapat perencanaan dalam tahap pelaksanaan masyarakat dilibatkan untuk mengikuti kerja bakti dalam pembangunan lumbung stroberi dan saat lumbung stroberi sudah berdiri masyarakat dilibatkan dalam pengelolaannya dalam tahap menikmati hasil masyarakat banyak merasakan manfaat dari didirikannya lumbung stroberi dan masyarakat juga terlibat dalam tahap evaluasi dengan memberikan saran dan masukan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan disarankan pemerintah Desa Pandanrejo membuat program yang dapat meningkatkan keterampilan masyarakat lainnya seperti program pelatihan membuat olahan lain dari buah stroberi pelatihan dan pendampingan pengelolaan lumbung stroberi pelatihan digital marketing untuk pengelola mempromosikan lumbung stroberi. Bagi pengelola wisata edukasi Lumbung Stroberi disarankan pengelola dapat mengetahui saran dan masukan dari masyarakat dengan memberikan kotak saran ataupun mengadakan pertemuan rutin untuk evaluasi. Dan Bagi masyarakat lokal Desa Pandanrejo disarankan dapat mengimplementasikan setiap tahapan keterlibatan pada program atau kegiatan lainnya yang diberikan oleh pemerintah desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295805

Actions (login required)

View Item View Item