Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui kegiatan lesson study (Studi pada siswa kelas X AD-2 mata pelajaran dasar-dasar administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Mojoagung) / Nova Ambarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui kegiatan lesson study (Studi pada siswa kelas X AD-2 mata pelajaran dasar-dasar administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Mojoagung) / Nova Ambarwati

Nova (2010) Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui kegiatan lesson study (Studi pada siswa kelas X AD-2 mata pelajaran dasar-dasar administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Mojoagung) / Nova Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ambarwati Nova. 2009. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Kegiatan Lesson Study (Studi Pada Siswa Kelas X AD-2 Mata Pelajaran Dasar-dasar Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Mojoagung). Skripsi Jurusan Manajemen FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Nyoman Suputra M.Si (II) Drs. Sarbini Kata Kunci Motivasi Hasil Lesson Study Dasar-dasar Administrasi Perkantoran Pada umumnya proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas dilakukan dalam bentuk satu arah. Guru lebih banyak berperan bila dibandingkan dengan keaktifan siswa. Tidak hanya itu guru juga lebih banyak ceramah dihadapan siswa sementara siswa hanya mendengarkan. Guru beranggapan tugasnya hanya menstranfer pengetahuan yang dimiliki guru kepada siswa dengan target tersampaikannya topik-topik yang tertulis dalam dokumen kurikulum kepada siswa. Pada umumnya guru tidak memberi inspirasi kepada siswa untuk berkreasi dan tidak melatih siswa untuk hidup mandiri. Pelajaran yang disajikan guru kadang kurang menantang siswa untuk berpikir. Akibatnya siswa tidak menyenagi pelajaran dan kurang termotivasi. Berdasakan laporan akademik jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Mojoagung pada kelas X AD-2 pada awal tahun ajaran semester ganjil tahun 2009 hasil belajar siswa tergolong masih rendah hal ini dapat dilihat dari nilai hasil ulangan harian dimana ada 25 siswa yang nilainya masih dibawah nilai rata-rata standar kompetensi lulusan yang ditetapkan dengan nilai minimum 75. Hal ini menjadi cambuk bagi guru pada jurusan Administrasi Perkantoran untuk terus meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Berawal dari permasalahan tersebut peneliti menawarkan proses kegiatan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kegiatan tersebut yaitu lesson study. Lesson study yaitu suatu model (pola) pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian (studi) pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan prinsisp-prinsip kolegalitas dan multual learning untuk membangun komunitas belajar (Lewis 2002 Iverson 2002 dan Hendayana 2007). Dengan demikian lesson study bukan metode atau strategi pembelajaran tetapi kegiatan lesson study dapat menerapkan berbagai metode atau strategi pembelajaran yang dianggap efektif dan sesuai dengan situasi kondisi dan permasalahan faktual yang dihadapi guru (dosen) di kelas nyata. Tahapan yang akan dilakukan dalam pembelajaran ini yaitu Plan (merencanakan) Do (melaksanakan) dan See (merefleksi) yang berkelanjutan. Perencanaan bertujuan untuk merancang pembelajaran yang dapat membelajarkan siswa dan berpusat pada siswa bagaimana siswa berpartisiasi aktif dalam proses pembelajaran. Perencanaan yang baik tidak dilakukan sendiri tetapi dilakukan bersama beberapa guru dapat berkolaborasi untuk memperkaya ide-ide dan wawasan. Pelaksanaan untuk menerapkan rancangan pembelajaran yang telah dirumuskan dalam perencanaan. Dalam perncanaan telah disepakati siapa guru yang akan mengimplementasikan pembelajaran dan sekolah yang menjadi tuan rumah serta dihadiri oleh observer. Merefleksi yaitu menyampaikan kesan-kesan dalam melaksanakan pembelajaran selanjutnya para pengamat diminta menyampaikan komentar dan hasil dari pembelajaran terutama yang berkenaan dengan siswa. Dari hasil pelaksanaan kegiatan lesson study ini dapat diketahui peningkatan nilai yang didapat oleh siswa dari dua siklus pelaksanaan pembelajaran lesson study mengalami peningkatan baik itu penilaian dari aspek kognitif aspek psikomotorik dan aspek afektif. Namun peningkatan yang paling menentukan keberhasilan ini adalah dilihat dari penilaian aspek kognitif yaitu perbandingan antara nilai pre test dan post test yang di dapat pada siklus pertama dan siklus ke dua. Kesimpulan yang didapat dari hasil pelaksanaan penelitian penerapan pembelajaran lesson study adalah sebagai berikut (1) Penerapan kegiatan lesson study dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas X AD-2 di SMK Negeri 1 Mojoagung pada pelajaran Dasar-dasar Administrasi Perkantoran. (2) Penerapan kegiatan lesson study dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X AD-2 di SMK Negeri 1 Mojoagung pada mata pelajaran Dasar-dasar Administrasi Perkantoran. Peningkatan ini dapat dilihat dari tiga aspek penilaian ranah kognitif ranah afektif dan ranah psikomotorik.(3) Hasil penerapan kegiatan lesson study di SMK Negeri 1 Mojoagung yaitu motivasi belajar siswa semakin tinggi hasil belajar siswa semakin naik keaktifan siswa meningkat kemampuan siswa dalam bekerjasama semakin baik dan meningkatnya kesadaran siswa terhadap kompleksitas permasalahan dunia nyata (4) Dalam penelitian ini kegiatan lesson study dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun model pembelajaran yang digunakan peneliti untuk mendukung keterlaksanaan kegiatan ini adalah artikulasi jigsaw student facilitator and explaining dan group investigation dimana peneliti bertindak sebagai guru model.(5) Faktor pendukung dan penghambat dalam keterlaksanaan kegiatan lesson study di SMK Negeri 1 Mojoagung a) Faktor pendukung dalam keterlaksanaan kegiatan lesson study yaitu kepala sekolah dan wakil kepala sekolah menyetujui serta memberikan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan lesson study guru-guru bidang studi tertarik dengan dilaksanakannya kegiatan lesson study dan pembelajaran yang dilakukan dikelas dapat lebih bervariatif dengan adanya kegiatan lesson study. b) Faktor-faktor penghambat dalam keterlaksanaan kegiatan lesson study yaitu belum seragamnya mengenai pemahaman tentang lesson study kurangnya dalam bekerjasama serta kurangnya koordinasi oleh team lesson study ketersediaan sarana dan dukungan finansial. Adapun saran yang diberikan peneliti untuk peneliti selanjutnya dalah sebagai berikut (1) Untuk guru pengajar SMK khususnya pada mata pelajaran Dasar-dasar Administrasi Perkantoran dalam melakukan proses pembelajaran dapat menggunakan lesson study dengan memilih metode pembelajaran kooperatif yang sesuai dengan kondisi siswa untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. (2) Dalam merencanakan kegiatan lesson study hendaknya literatur yang digunakan sebagai bahan ajar lebih up to date agar pengetahuan tentang materi ajar team lesson study khususnya guru model lebih berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. (3) Dalam melaksanakan proses kegiatan lesson study hendaknya dipertimbangkan masalah waktu dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. (4) Untuk hasil yang lebih maksimal pelaksanaan penelitian kegiatan lesson study ini dapat dilakukan lebih dari dua siklus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29580

Actions (login required)

View Item View Item