Mengatasi sibling rivalry pada remaja awal dalam keluarga / Azzaroh Swaibatul Islamiyah Al Munawaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Mengatasi sibling rivalry pada remaja awal dalam keluarga / Azzaroh Swaibatul Islamiyah Al Munawaroh

Al Munawaroh, Azzaroh Swaibatul Islamiyah (2023) Mengatasi sibling rivalry pada remaja awal dalam keluarga / Azzaroh Swaibatul Islamiyah Al Munawaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sibling rivalry adalah persaingan antar saudara kandung baik yang memiliki jenis kelamin yang sama atau berbeda karena adanya rasa cemburu dan benci dalam beberapa hal seperti cinta dan kasih sayang orang tua serta karena ketidak rukunan antar sesama saudara sehingga mempengaruhi kehidupan di rumah. Sibling rivalry dapat terjadi pada semua usia termasuk pada masa remaja awal karena pada masa ini seorang anak mengalami perubahan emosi di dalam dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan tentang penyebab terjadinya kejadian sibling rivalry pada masa remaja awal (2) menjelaskan upaya remaja dalam mengatasi perilaku sibling rivalry (3) menjelaskan peran keluarga dalam membantu mengatasi perilaku sibling rivalry pada masa remaja awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang dilaksanakan guna melihat keabsahan data adalah dengan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian yang didapatkan yaitu penyebab perilaku sibling rivalry pada masa remaja awal adalah (1) jenis kelamin saudara kandung (2) urutan kelahiran karena menentukan peran anak dalam satu keluarga (3) sikap orang tua jika orang tua menunjukkan sikap yang cenderung mendahulukan saudaranya. Upaya remaja dalam mengatasi perilaku sibling rivalry adalah (1) bersikap terbuka kepada orang tua atas apa yang dihadapi dan dirasakannya (2) mau mendengarkan dan mengikuti nasehat maka apa yang diinginkannya akan terwujud. Peran keluarga dalam membantu mengatasi sibling rivalry pada masa remaja awal yang adalah (1) orang tua membiasakan untuk tidak langsung memihak atau menyalahkan sang anak (2) selalu bersikap terbuka kepada anak-anaknya (3) orang tua menanamkan sifat mengalah kepada anak-anaknya dan apabila sang anak menginginkan suatu barang harus berusaha terlebih dahulu (4) orang tua selalu memberikan nasehat motivasi dan contoh yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:29
Last Modified: 03 Nov 2023 07:22
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295796

Actions (login required)

View Item View Item