Pengaruh gaya komunikasi keluarga terhadap relasi antara saudara kandung di keluarga mahasiswa fip um / Dian Sulistyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya komunikasi keluarga terhadap relasi antara saudara kandung di keluarga mahasiswa fip um / Dian Sulistyani

Sulistyani, Dian Sulistyani (2022) Pengaruh gaya komunikasi keluarga terhadap relasi antara saudara kandung di keluarga mahasiswa fip um / Dian Sulistyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistyani Dian. 2022. Pengaruh Gaya Komunikasi Keluarga Terhadap Relasi Antar Saudara Kandung Di Keluarga Mahasiswa FIP UM. Skripsi. Departemen Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sopingi S.Sos M.Pd (II) Rezka Arina Rahma S.Pd M.Pd. Penguji Dr. Endang Sri Redjeki M.S. Kata Kunci gaya komunikasi keluarga relasi antar saudara Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya komunikasi keluarga terhadap relasi antar saudara kandung. Secara rinci tujuan penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut a) mendeskripsikan gaya komunikasi keluarga b) mendeskripsikan karakteristik relasi antar saudara kandung c) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara gaya komunikasi keluarga terhada relasi antar saudara kandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui tujuan gaya komunikasi keluarga dan karakteristik yang ada dalam relasi antar saudara kandung penelitian dilakukan dengan rancangan deskriptif kuantitatif sementara untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara gaya komunikasi terhadap relasi antar saudara kandung dilakukan dengan rancangan penelitian kausal komparatif yang digunakan untuk menguji hipotesis antar variabel dengan analisis data regresi linear sederhana. Total responden dalam penelitian ini sebanyak 50 orang yang dipilih berdasarkan teknik random sampling (sampel acak sederhana). Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) gaya komunikasi keluarga dengan bentuk nonverbal termasuk ke dalam kategori tinggi b) relasi antar saudara cenderung dekat termasuk kedalam kategori cukup tinggi c) dan pengaruh gaya komunikasi keluarga terhadap relasi antar saudara yang ditunjukkan dengan angka koefisien determinasi sebesar 0 339. Dari penelitian ini disarankan khususnya pada lingkup keluarga yang memiliki anak lebih dari satu mampu memberikan masukan yang positif mengenai gaya komunikasinya yang berkaitan erat terhadap peningkatan kedekatan relasi antar saudara kandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295793

Actions (login required)

View Item View Item