Hubungan perhatian orang tua terhadap perkembangan sosial anak tk b di kecamatan pasirian / Yuni Kartika Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan perhatian orang tua terhadap perkembangan sosial anak tk b di kecamatan pasirian / Yuni Kartika Purnamasari

Purnamasari, Yuni Kartika Purnamasari (2022) Hubungan perhatian orang tua terhadap perkembangan sosial anak tk b di kecamatan pasirian / Yuni Kartika Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perhatian orang tua didalam proses tumbuh kembang anak dianggap sangat penting terutama pada perkembangan sosial anak karena adanya perhatian yang baik antara orang tua dengan anak dapat memberikan stimulus tentang bagaimana pembentukan perkembangan sosial anak dengan baik yang mana akan mempengaruhi perkembangan sosial anak ketika dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perhatian orang tua dan mendeskripsikan perkembangan sosial anak TK B di Kecamatan Pasirian. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh orang tua yang mempunyai anak TK B di Kecamatan Pasirian sebanyak 220 orang. Sedangkan jumlah sampel ditentukan dengan rumus slovin dengan total 142 responden. Pengambilan sampel dengan metode Probability Sampling dengan menggunakan Random Sampling yaitu pemilihan secara random terhadap kelompok. Kemudian penelitian ini dilaksanakan uji validitas dan uji reliabilitas uji validitas dengan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Pada teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner yang berupa google form dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data korelasi product moment. Adapun hasil penelitian ini yaitu (a) perhatian orang tua di Kecamatan Pasirian termasuk kategori baik (b) perkembangan sosial anak TK B termasuk kategori baik dan (c) terdapat hubungan yang cukup dan searah antara perhatian orang tua dengan perkembangan sosial anak TK B di Kecamatan Pasirian. Berdasarkan temuan penelitian tersebut maka saran untuk orang tua dari anak usia dini dapat meningkatkan perhatian kepada anaknya serta memperhatikan ataupun melihat proses perkembangan sosial pada anak bukan hanya dilepas secara tersendiri tetapi harus tetap didampingi sebab anak apabila diberi perhatian lebih saat bersosialisasi maka anak akan lebih mampu mengembangkan kemampuan serta sikap yang dimilikinya sehingga bentuk perhatinnya adalah dengan cara yang begitu kompleks atas keinginan anaknya agar perkembangan sosial anak dapat terbentuk lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295791

Actions (login required)

View Item View Item