Penerapan pembelajaran model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Khozinatul Asror - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Khozinatul Asror

Khozinatul (2010) Penerapan pembelajaran model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan (studi pada siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Khozinatul Asror. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asror khozinatul. 2009. Penerapan Pembelajaran Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bekerjasama Dengan Kolega dan Pelanggan Skripsi Jurusan Manajemen program studi pendidikan adinistrasi perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Budi Eko Soetjipto M. Ed. M. Si (II) Imam Buchori S. Pd Kata kunci Model Pembelajaran Role Playing Hasil Belajar Salah satu upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia hingga saat ini adalah melalui perbaikan kurikulum. Dengan perbaikan kurikulum diharapkan kualitas proses pembelajran akan meningkat yang diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertijuan untuk mengetahui penerapan model role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan model role playing. Sebagai subjek penelitian peneliti memilih siswa kelas X APK di SMK Cendika Bangsa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang berusaha mengkaji dan merefleksikan secara mendalam beberapa aspek dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan Siklus II yang masing-masing siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan tindakan tahap pengamatan (obsevasi) serta tahap analisis dan refleksi. Hasil belajar terdiri dari aspek kognitif dengan menganalisis hasil pre tes dan post tes setiap siklus. Sedangkan aspek afektif dan psikomotor dianalisis dengan menghitung persentase frekuensi setiap indikator yang muncul. Ketentuan nilai batas minimum ketutasan belajar siswa untuk mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan adalah 68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif karena guru telah melaksanakan pengelolaan kelas dengan baik dimana skor rata-rata total yang diperoleh guru pada siklus I sebesar 80.5 % meningkat pada siklus II sebesar 98.1 %. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada aspek kognitif persentase ketuntasan belajar siswa pada post tes meningkat di siklus I sebesar 74.38% menjadi 93.84% di siklus II. Pada aspek afektif nilai rata-rata meningkat secara signifikan pada setiap siklus dan dikatakan tuntas. Sedangkan hasil belajar psikomotor juga meningkat secara signifikan dan dapat pula dikatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di sarankan bahwa model pembelajaran role playing dapat digunakan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran lain sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dukungan kepala sekolah sangat diharapkan untuk mengupayakan guru supaya memiliki pengalaman dalam pembelajaran model role playing. Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar melibatkan pakar role playing dalam melakukan penelitian tindakan kelas lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29573

Actions (login required)

View Item View Item