Sari, Rianita Nur Widiya Sari (2023) Implementasi kurikulum merdeka dengan menggunakan media loose part dalam meningkatkan kemampuan motorik halus di paud matahari tegalgondo / Rianita Nur Widiya Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum terbaru yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di awal tahun 2022. Beberapa lembaga PAUD sudah mulai menerapkan kurikulum tersebut salah satunya PAUD Matahari Tegalgondo. Penerapan kurikulum merdeka di PAUD Matahari Tegalgondo memiliki keunikan diantara lembaga PAUD lainnya karena menggunakan media loose part dalam pelaksanaannya. Setelah diterapkan dalam beberapa waktu diketahui bahwa penggunaan media loose part berperan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di PAUD Matahari Tegalgondo. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum merdeka dengan menggunakan media loose part dalam meningkatkan kemampuan motorik halus di PAUD Matahari Tegalgondo. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang akan disajikan dalam bentuk narasi berdasarkan fakta-fakta yang ada di lapangan. Penelitian ini diawali dengan tahap pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan tiga teknik yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan kondensasi data dengan menyeleksi dan menyederhanakan data yang diperoleh dari lapangan. Data yang sudah dikondensasi kemudian disajikan dalam bentuk uraian singkat tabel dan gambar agar semakin mudah dipahami. Setelah semua tahap dilakukan selanjutnya peneliti menarik kesimpulan data hasil sajian data yang diperoleh. Kesimpulan yang diperoleh harus bisa menjawab rumusan masalah yang dirumuskan diawal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka di PAUD Matahari Tegalgondo sudah berjalan dengan baik. Bentuk penerapan yang paling terlihat adalah dimana anak memilih sendiri pembelajaran apa yang akan dilakukannya. Anak yang merasa keinginannya dipenuhi membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Selain itu anak juga menjadi lebih aktif ekspresif percaya diri dan terlatih dalam problem solving. Keberhasilan implementasi kurikulum merdeka di PAUD Matahari Tegalgondo tidak terlepas dari penggunaan media loose part. Loose part yang merupakan bahan lepasan yang dapat dimainkan secara bebas oleh anak sejalan dengan konsep kurikulum merdeka. Loose part selalu dapat digunakan dalam pembelajarn walau seluas apapun tema yang dipilih oleh anak. Selanjutnya loose part juga berperan dalam kegiatan pembelajaran motorik halus anak di PAUD Matahari tegalgondo. Kegiatan motorik halus di PAUD Matahari Tegalgondo misalnya meronce memegang benda pipih memasukkan benda ke botol dilakukan dengan media loose part. Loose part terbukti membantu dalam peningkatan kemampuan motorik halus anak di PAUD Matahari Tegalgondo dilihat dari skala capaian perkembangan anak yang dilakukan oleh guru pada saat kegiatan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295506 |
Actions (login required)
View Item |