Penerapan kegiatan meronce aksesoris perhiasan gelang untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok b di tk kharisma desa sidorejo / Dike Febrianti Rahma Ar Ridlo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kegiatan meronce aksesoris perhiasan gelang untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok b di tk kharisma desa sidorejo / Dike Febrianti Rahma Ar Ridlo

Ridlo, Dike Febrianti Rahma Ar Ridlo (2023) Penerapan kegiatan meronce aksesoris perhiasan gelang untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok b di tk kharisma desa sidorejo / Dike Febrianti Rahma Ar Ridlo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan kegiatan meronce aksesoris perhiasan gelang untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak usia dini. Peneliti ini menggunakan metode penelitian tindak kelas (PTK) yang di lakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah 10 siswa Kelompok B Tk Kharisma dan dua orang guru. Data yang diperoleh peneliti melalui lembar observasi pedoman wawancara serta instrumen dokumentasi yang dilakukan di lembaga Tk Kharisma di desa Sidorejo. Di setiap siklus meliputi 4 (empat) tahapan yakni perencanaan(planning) pelaksanaan tindakan (acting) pengamatan (observing) dan terakhir refleksi (reflecting). Pada penelitian dikatakan berhasil jika siswa memperoleh skor gt 80% atau Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil peningkatan keterampilan seni anak pada siklus I Belum Berkembang (BB) 35% Mulai Berkembang (MB) 20% Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 25% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 20% dan pada siklus II Belum Berkembang (BB) 15% Mulai Berkembang (MB) 25% Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 25% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 35% (2) skor akhir aktivitas peningkatan siswa Berkembang Sangat Baik (BSB) pada siklus I 20% dan pada siklus II 35%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa pada siklus I hasil kemampuan siswa belum sesuai dengan tingkat pencapaian indikator sedangkan pada siklus II hasil kemampuan siswa sudah sesuai dengan tingkat pencapaian indikator dan dinyatakan telah berhasil meningkat atau sudah berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295505

Actions (login required)

View Item View Item