Wibowo, Fransisca Aurel Nadia Putri Wibowo (2023) Pengembangan alat permainan edukatif puzzle book untuk menstimulasi pengetahuan gizi seimbang anak usia 5-6 tahun / Fransisca Aurel Nadia Putri Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Konsep gizi pada anak harus ditanamkan sejak dini dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan aman. Setiap anak usia dini berkembang dengan kecepatannya masing-masing. Makanan yang dikonsumsi anak yang sedikit biasanya pertumbuhan akan menjadi lambat. Ada juga anak-anak yang tumbuh dengan cepat tetapi kemudian menjadi lambat karena sedikitnya jumlah makanan yang mereka makan. Pengenalan gizi seimbang pada anak usia dini dapat menggunakan alat permainan puzzle book. Permainan puzzle book merupakan sebuah buku yang didalamnya terdapat berbagai macam jenis puzzle dimana anak akan mengelompokkan potongan teka teki menjadi pola tertentu mengenai gizi seimbang. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan alat permainan edukatif puzzle book yang efektif efisien dan menarik yang valid berdasarkan para ahli materi ahli permainan dan berguna sebagai alat atau bahan ajar untuk menstimulasi pengetahuan gizi seimbang. Metode yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada jenis penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang telah disederhanakan yang meliputi 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan informasi 3) desain produk 4) validasi produk dan 5) uji coba produk. Setelah melakukan tahapan potensi dan masalah hingga proses terbentuknya sebuah produk puzzle book tahapan selanjutnya yaitu melakukan uji validitas oleh para ahli yang bertujuan untuk menilai produk baru yang dikembangkan. Subjek uji coba permainan ini sebanyak 29 subjek yang terdiri dari 5 subjek uji coba perorangan 10 subjek uji coba kelompok kecil dan 14 subjek uji coba kelompok besar. Data kualitatif dari penelitian pengembangan permainan puzzle book merupakan hasil persentasi dari lembar validasi para ahli dan pengguna. Hasil validasi produk puzzle book dari para ahli memperoleh rata-rata dengan skor 92 06% yang menunjukkan bahwa temuan analisis berada pada tingkat validitas yang sangat valid dan dapat diterapkan secara langsung kepada anak usia dini. Produk puzzle book dinyatakan sangat valid dilihat dari hasil 3 tahap uji coba yang menunjukkan hasil puzzle book gizi seimbang sangat efektif efisien dan menarik ketika diterapkan pada anak usia dini
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295504 |
Actions (login required)
View Item |