Pengembangan flashcard berbasis augmented reality sebagai media pengenalan budaya lokal sidoarjo pada anak usia 5-6 tahun / Rifkah Rofidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan flashcard berbasis augmented reality sebagai media pengenalan budaya lokal sidoarjo pada anak usia 5-6 tahun / Rifkah Rofidah

Rofidah, Rifkah Rofidah (2023) Pengembangan flashcard berbasis augmented reality sebagai media pengenalan budaya lokal sidoarjo pada anak usia 5-6 tahun / Rifkah Rofidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Globalisasi mengakibatkan keterbukaan antar negara termasuk aspek budaya. Oleh sebab itu butuh adanya pencegahan agar budaya bangsa tidak terkontaminasi dan masyarakat menjadi lebih bangga dan cinta terhadap budaya bangsa sendiri. Pelaksanaan pendidikan berbasis kearifan lokal dapat diterapkan kepada anak usia dini sebagai salah satu upaya pencegahannya. Upaya pencegahan dilakukan agar generasi penerus bangsa dapat membuat Indonesia semakin berkembang dengan budaya sendiri bukan berkembang karena mengikuti kecenderungan budaya lain. Pembelajaran berbasis budaya lokal membutuhkan sarana penunjang dalam prosesnya misalnya media pembelajaran. Media pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi menjadi media yang tepat untuk digunakan saat ini. Berdasarkan permasalahan yang terjadi media flashcard berbasis teknologi augmented reality dikembangkan oleh peneliti. Media jenis ini memadukan antara media konvensional cetak dengan berbasis teknologi digital. Media ini digunakan dalam menstimulasi pengetahuan dan memperkenalkan kebudayaan lokal Sidoarjo pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk mewujudkan media pembelajaran yang berkriteria interaktif efektif dan efisien yang sesuai untuk digunakan oleh anak usia 5-6 tahun Penelitian yang digunakan termasuk adalah jenis penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Observasi wawancara pemberian kuesioner dan dokumentasi digunakan sebagai prosedur pengumpulan data. Metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian pengembangan ini sebagai metode analisis data. Ahli materi ahli media dan ahli praktisi (pengguna) melakukan uji kelayakan terlebih dahulu kemudian diuji cobakan kepada anak-anak kelompok B di tiga lembaga yang berada di Sidoarjo. Hasil pengembangan media interaktif ini dinyatakan layak dengan perolehan persentase 88 89% dari ahli materi 100% dari ahli media 87% dari ahli praktisi 85 85% dari uji coba kelompok kecil dan 88 36 dari hasil uji coba kelompok besar. Penelitian dan pengembangan ini berhasil mewujudkan produk yang layak digunakan untuk mengenalkan kebudayaan lokal daerah Sidoarjo pada anak usia 5-6 tahun. Peneliti menganjurkan untuk penelitian lebih lanjut diharapkan dapat menambah objek atau budaya yang dipelajari memberikan detail pada gerakan tari penelitian dapat dilakukan pada subjek yang lebih banyak di banyak lembaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295502

Actions (login required)

View Item View Item