Pengembangan permainan sirkuit happy colours fun untuk menstimulasi motorik kasar anak usia 4-5 tahun / Novanda Eka Refani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sirkuit happy colours fun untuk menstimulasi motorik kasar anak usia 4-5 tahun / Novanda Eka Refani

Refani, Novanda Eka Refani (2023) Pengembangan permainan sirkuit happy colours fun untuk menstimulasi motorik kasar anak usia 4-5 tahun / Novanda Eka Refani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permainan sirkuit happy colours fun adalah produk permainan dengan model sirkuit yang mana berupa latihan pengembangan fisik motorik untuk anak usia 4-5 tahun berupa beberapa pos dengan permainan warna di dalamnya.. Permainan sirkuit ini telah disesuaikan dengan permasalahan dan tahapan perkembangan motorik kasar anak. Hasil observasi dan wawancara dengan guru dan kepala sekolah di tiga lembaga TK yang berlokasi di Blitar menunjukkan bahwa permainan sirkuit belum pernah diajarkan sarana prasarana dan kurangnya tenaga menjadi pemicu utama di ketiga lembaga TK tersebut belum mengenalkan permainan sirkuit. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk permainan sirkuit untuk mengembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun mengetahui keefektifan produk permainan sirkuit happy colours fun pada anak usia 4-5 tahun dan mengetahui keamanan produk permainan sirkuit happy colours fun pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) yang mana pada penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model ADDIE yang disusun secara terorganisir dengan urutan kegiatan yang sistematis dengan menggunakan lima prosedur penelitian ADDIE yaitu Analyze Design Development Implementation dan Evaluation. Jenis data yang diperoleh terdari dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapat dari uji coba kelompok kecil dan uji lapangan (kelompok besar) melalui observasi pada anak pada saat melakukan kegiatan permainan sirkuit happy colours fun berlangsung sesuai dengan kriteria keefektifan keamanan dan kemenarikan sedangkan data kualitatif didapat dari saran dan masukan para ahli dan guru. Hasil dari penelitian ini terciptanya produk permainan sirkuit happy colours fun untuk mengembangkan aspek motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun dibuktikan dengan adanya produk yang sudah diujikan pada anak usia 4-5 tahun dan uji validasi produk dari ahli permainan ahli fisik motorik dan ahli pengguna (guru). Keefektifan permainan sirkuit happy colours fun pada anak usia 4-5 menunjukan efektif dimainkan oleh anak keefektifan yang dimaksud adalah untuk mengukur tingkat keberhasilan produk permainan yang sesuai dengan tujuan dan latar belakang permasaalahan motorik kasar anak. Sedangkan aspek keamanan permainan sirkuit happy colours fun pada anak usia 4-5 tahun menunjukan aman untuk dimainkan oleh anak. Keamanan produk permainan menjadi prioritas utama karena harus memperhatikan keselamatan bagi anak saat bermain alat dan bahan yang digunakan juga harus ramah bagi anak tidak berbahaya dan terhindar dari aliran listrik atau api. Aspek kemanarikan juga penting digunakan dalam pembuatan produk permainan untuk menarik perhatian anak untuk memainkanya mulai dari alur permainan penggunakan warna dan desain menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295501

Actions (login required)

View Item View Item