Hubungan antara intensitas perilaku orang tua menunggu anak di sekolah dengan kemandirian anak usia dini di tk setia, kecamatan tayan hilir, kabupaten sanggau / Mikaelin - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara intensitas perilaku orang tua menunggu anak di sekolah dengan kemandirian anak usia dini di tk setia, kecamatan tayan hilir, kabupaten sanggau / Mikaelin

Mikaelin (2023) Hubungan antara intensitas perilaku orang tua menunggu anak di sekolah dengan kemandirian anak usia dini di tk setia, kecamatan tayan hilir, kabupaten sanggau / Mikaelin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemandirian anak usia dini adalah kemampuan anak untuk melakukan perawatan terhadap diri sendiri seperti makan berpakaian ke toilet dan mandi. Ketidakmandirian anak menjadi salah satu permasalahan bagi perkembangan kemandirian anak.Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas perilaku orang tua menunggu anak di sekolah dengan tingkat kemandirian anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan metode korelasi. Adapun variabel independen (X) pada penelitian ini adalah intensitas perilaku orang tua yang menunggu anak di sekolah sedangkan variabel dependen (Y) adalah kemandirian anak usia dini.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa sampling jenuh yang terdapat di Non-Probability Sampling yaitu semua jumlah orang tua dan anak dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian berupa angket dan lembar observasi. Hasil penelitian dengan uji statistika korelasi rank spearman dengan bantuan program software SPSS 25 Windows menunjukan bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0 004 dengan nilai koefisien 0 488. Hasil menunjukkan terdapat hubungan signifikan dengan tingkat kekuatan hubungan cukup kuat dan arah hubungan yang negatif antara intensitas perilaku orang tua menunggu anak di sekolah dengan kemandirian anak usia dini.Hasil penelitian juga menunjukkan mayoritas orang tua yang menunggu merupakan ibu-ibu. Kekhawatiran dan keraguan terhadap kemampuan anak membuat orang tua menunggu anaknya di sekolah agar dapat mengawasi dan memantau aktivitas anaknya di sekolah. Kepercayaan orang tua pada kemampuan anak di sekolah rendah dibandingkan rasa ketidakpercayaan orang tua terhadap kemampuan anak di sekolah. Hal tersebut dapat menjadi cikal bakal ketidakmandirian pada anak tidak hanya terjadi ketika pada usia dini saja namun ketidakmandirian ini dapat terjadi hingga usia remaja dan dewasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295500

Actions (login required)

View Item View Item