Islam, Azyan Qatrunnada Islam (2023) Hubungan literasi digital orang tua dan kesehatan mental anak usia dini di era digitalisasi / Azyan Qatrunnada Islam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Islam Azyan Qatrunnada. 2023. Hubungan Literasi Digital Orang Tua dan Kesehatan Mental Anak Usia Dini di Era Digitalisasi. Skripsi Departemen Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M. Pd. (II) Wuri Astuti S. Pd. M. Pd. Kata Kunci Literasi Digital Orang Tua Kesehatan Mental Anak Usia Dini Digitalisasi Kesehatan mental merupakan bagian yang signifikan dari aspek perkembangan anak usia dini. Perkembangan AUD yang tidak berkembang sesuai masanya dapat diperkirakan dipengaruhi oleh pemenuhan kesehatan psikis pada anak yang sangat mungkin terlewatkan atau tidak diperhatikan oleh orang tua dalam mengasuh anak yang dikarenakan minimnya literasi pada orang tua dalam melakukan pendidikan dan pengasuhan. Literasi digital orang tua merupakan sebuah kecakapan yang dianggap sebagai faktor yang mampu membantu orang tua dalam memberikan pendidikan dan pengasuhan guna mencapai kualitas hidup yang baik pada anak melalui keseimbangan capaian perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi digital orang tua dan kesehatan mental anak usia dini di era digitalisasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian sosial berdasarkan kategori sifat yakni kuantitatif non eksperimental dengan metode penelitian korelasional dengan populasi yakni orang tua dan anak usia dini di KB-TK Laboratorium UM Kota Malang Jawa Timur tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 84 pasang orang tua dan anak usia dini. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui instrumen angket (kuesioner) untuk orang tua dan daftar cek untuk anak usia dini. Pada tahap selanjutnya data tersebut dilakukan analisis dengan analisis statistik yang menggunakan uji korelasi Spearman Rank (rho) dengan memanfaatkan program SPSS 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara literasi digital orang tua dan kesehatan mental anak usia dini di era digitalisasi. Hal ini menjelaskan bahwa terdapat faktor internal maupun eksternal lainnya pada diri anak yang juga dapat lebih signifikan memengaruhi kesehatan mental anak usia dini dan tidak semata-mata hanya pada literasi digital orang tua. Literasi digital orang tua memiliki hubungan sebesar 1 8% dengan kesehatan mental anak usia dini. Kemampuan literasi digital orang tua yang tinggi dapat memberikan dampak pada kondisi lain seperti cenderung berkaitan dengan aspek perkembangan kognitif pada anak serta menjadi upaya yang baik dalam meningkatkan kualitas hidup anak dan mencegah kesehatan mental anak usia dini serta dengan cara memberikan pendidikan dan pengasuhan yang terbaik seiring dengan perkembangan era digitalisasi ini. Saran penelitian ini adalah orang tua diharapkan untuk dapat terus menjaga hubungan baik antar orang tua selalu memperhatikan kesehatan diri dan mental dan meningkatkan kemampuan diri dengan senantiasa belajar kapan pun dan di mana pun seperti mengikuti kelas parenting atau dengan mempertahankan dan meningkatkan literasi terkait pola pendidikan dan pengasuhan yang baik serta memperhatikan lingkungan sosial dan sekitar anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295496 |
Actions (login required)
View Item |