Pengembangan media pembelajaran pop-up book bilingual untuk mengoptimalkan pengenalan kosakata bahasa inggris pada anak usia 5-6 tahun / TASYA DWI SEPTIANA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran pop-up book bilingual untuk mengoptimalkan pengenalan kosakata bahasa inggris pada anak usia 5-6 tahun / TASYA DWI SEPTIANA

Septiana, Tasya Dwi Septiana (2023) Pengembangan media pembelajaran pop-up book bilingual untuk mengoptimalkan pengenalan kosakata bahasa inggris pada anak usia 5-6 tahun / TASYA DWI SEPTIANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bilingual merupakan istilah untuk orang yang menggunakan dua bahasa atau lebih dengan pengucapan bunyi kosakata dan sintaksis yang berbeda. Mengenalkan anak pada bahasa Inggris sejak dini merupakan salah satu upaya untuk menjadikan anak bilingual. Semakin cepat seorang anak diperkenalkan dengan bahasa Inggris maka anak semakin mudah menguasai serta tertanam di alam bawah sadarnya. Ingatan bahwa kesadaran muncul kembali ketika ada pemicunya. Salah satu fokus pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini pada lembaga PAUD lebih menonjolkan pada kegiatan penguasaan kosakata bahasa Inggris sederhana yang akan memudahkan anak untuk mengingatnya Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengoptimalkan pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun melalui penerapan media pembelajaran pop-up book bilingual. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan (Research amp Development) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini yang dilaksanakan di tiga TK yaitu TK Dharma Wanita Kuningan yang berjumlah 8 anak TK PKK Papungan yang berjumlah 14 anak dan TK Dharma Wanita Jatinom yang berjumlah 15 anak. Rancangan dalam penelitian ini diawali denga tahap Analyze dengan menganalisis kebutuhan di tiga TK tersebut bahwa anak masih kurang dalam memahami kosakata bahasa Inggris. Tahap kedua berupa design peneliti merancang dan membuat produk sesuai kebutuhan peneliti pengembangkan media pop-up book bilingual. Tahap ketiga develop berupa uji validasi ahli materi dan ahli media selanjutnya merevisi produk. Tahap keempat Implement berupa uji coba produk dan uji validasi kelompok AUD serta uji validasi pengguna. Tahap terakhir evaluate berupa produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pop-up book bilingual yang diujicobakan pada anak usia 5-6 tahun dapat mengoptimalkan pengenalan kosakata bahasa Inggris yang dapat terlihat dari capaian kriterian kemenarikan keefektifan dan keefisienan produk dari hasil validasi ahli materi validasi ahli media uji validasi kelompok AUD dan uji validasi pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295492

Actions (login required)

View Item View Item