Pengembangan media big book tiga dimensi untuk meningkatkan kemampuan bahasa keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. / Meliyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media big book tiga dimensi untuk meningkatkan kemampuan bahasa keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. / Meliyana

Meliyana (2023) Pengembangan media big book tiga dimensi untuk meningkatkan kemampuan bahasa keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. / Meliyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media big book tiga dimensi adalah sebuah buku yang menampilkan gambar dan huruf dan dapat digunakan sebagai salah satu media dalam proses pembelajaran. Hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas kelompok A di tiga sekolah yang terletak di kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat menunjukkan bahwa penggunaan media big book tiga dimensi belum pernah digunakan di dalam proses pembelajaran anak hanya menggunakan buku cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media big book tiga dimensi dan respon anak terhadap media pada pembelajaran tersebut. Penelitian dan penembangan ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) yang mana menggukan medel pengembangan ADDIE yang memiliki lima langkah yaitu 1) analisis 2) perencanaan 3) pengembangan 4) implementasi dan 5) evaluasi. Data pada penelitian dan pengembangan media big book tiga dimensi diperoleh dari validasi ahli perkembangan ahli materi ahli media dan ahli pengguna uji kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Instrument yang digunakan berupa angket dan lembar observasi yang memiliki kisi-kisi pada setiap penilaian. Hasil dari validasi ahli perkembangan ahli materi menunjukkan nilai 85% validasi ahli media yaitu 85%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media big book tiga dimensi menurut para ahli adalah sangat valid dan dapat digunakan. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh data 1) 81 25% efektif digunakan oleh anak 2) 83 4% efisien digunakan oleh anak 3) 83 4% menarik digunakan oleh anak. Pada uji coba kelompok besar diperoleh data 1) 84 3% efektif digunakan oleh anak 2) 87 5% efesien digunakan oleh anak 3) 91 6 menarik digunakan oleh anak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media big book tiga dimensi sangat valid dan dapat dipergunakan untuk mestimulus kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295491

Actions (login required)

View Item View Item