Pengembangan media paper doll book untuk menstimulasi kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun / Nanda Sugesti Hanifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media paper doll book untuk menstimulasi kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun / Nanda Sugesti Hanifa

Hanifa, Nanda Sugesti Hanifa (2023) Pengembangan media paper doll book untuk menstimulasi kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun / Nanda Sugesti Hanifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini ada sebuah media paper doll book. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yang dapat dijadikan media pembelajaran dalam membantu mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak usia 4-5 tahun khususnya pada indikator kemampuan bahasa ekspresifnya seperti menjawab pertanyaan yang diberikan mengungkapkan perasaan menyebutkan kata yang dikenal mengutarakan pendapat memperkaya pembendaharaan kata dan ikut serta dalam percakapan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and Development atau R amp D dengan menggunakan 5 langkah model pengembangan ADDIE yaitu 1) analisis 2) perencanaan 3) pengembangan 4) implementasi 5) evaluasi. Data pada penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari validasi ahli media ahli materi pengguna uji coba kelompok kecil dan uji kelompok besar. Instrumen yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah angket serta lembar observasi yang memiliki kisi-kisi pada setiap penilaian. Hasil dari validasi ahli media menunjukkan persentase 80% validasi ahli materi menunjukkan persentase 93 3% validasi pengguna media menujukkan persentase 97% dengan ini dapat disimpulkan bahwa media paper doll book dinyatakan sangat valid dan dapat dipergunakan. Dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 75 7% pada aspek keefektifan 95 8% pada aspek kefisienan 75 8% pada aspek kemenarikan. Selanjutnya pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase 79 9% pada aspek keefektifan 93 5% pada aspek keefisienan 81 3% pada aspek kemenarikan. Dengan hasil persentase pada uji coba produk dapat disimpulkan bahwa media paper doll book sangat valid dan dapat dipergunakan untuk mengembangkan bahasa ekspresif pada anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295490

Actions (login required)

View Item View Item