Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun datar di Kelas IV SDN 3 Ternyang / Putri Prida Angelia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun datar di Kelas IV SDN 3 Ternyang / Putri Prida Angelia</p>

Angelia, Putri Prida (2023) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun datar di Kelas IV SDN 3 Ternyang / Putri Prida Angelia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa sangat diperlukan untuk memahami dan menyelesaikan suatu masalah atau soal cerita matematika yang membutuhkan penalaran analisis evaluasi dan interpretasi pikiran. Namun apabila tidak menggunakan kemampuan berpikir kritis maka siswa tidak mampu menyelesaikan masalah matematika dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi luas dan keliling bangun datar pada kelas IV SDN 3 Ternyang. Pada penelitian ini menggunakan 4 indikator kemampuan berpikir kritis menurut Facione yaitu interpretasi analisis evaluasi dan inferensi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Ternyang yang terdiri dari 19 siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan berpikir kritis tinggi adalah siswa yang mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis. Siswa yang berkemampuan kritisnya sedang mampu memenuhi indikator interpretasi dan evaluasi namun kurang mampu memenuhi indikator analisis dan inferensi. Siswa yang berkemampuan berpikir kritis rendah kurang mampu dalam menginterpretasikan masalah dan tidak mampu memenuhi indikator analisis evaluasi dan inferensi. Ia masih kurang mampu kurang mampu memahami soal sehingga ketika menulis yang diketahui dan yang ditanyakan kurang lengkap dan ketika membuat model matematika (kalimat matematika) kurang tepat bahkan tidak membuatnya sama sekali karena tidak mementingkan langkah pengerjaan dan langsung menjawabnya dengan kesimpulan. Dalam hal ini dalam hal ini peran guru sangatlah penting dalam melatih siswa dan membiasakannya untuk menyelesaikan soal-soal latihan agar kemampuan berpikir kritis siswa dapat berkembang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295094

Actions (login required)

View Item View Item