Pengembangan tes numerasi konten geometri dan pengukuran berbasis qr code terintegrasi website wizer.me untuk siswa kelas v sekolah dasar / Naufa Nabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tes numerasi konten geometri dan pengukuran berbasis qr code terintegrasi website wizer.me untuk siswa kelas v sekolah dasar / Naufa Nabila

Nabila, Naufa Nabila (2023) Pengembangan tes numerasi konten geometri dan pengukuran berbasis qr code terintegrasi website wizer.me untuk siswa kelas v sekolah dasar / Naufa Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang belum memuaskan disebabkan karena siswa tidak terbiasa mengerjakan tes numerasi. Kurangnya pembiasaan siswa mengerjakan tes numerasi berpengaruh pada kemampuan numerasi siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan tes numerasi konten geometri dan pengukuran berbasis QR Code terintegrasi website Wizer.me untuk siswa kelas V SD yang valid melalui validasi logis dan validasi empiris serta praktis dan menarik bagi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan Analyze Design Development Implementation dan Evaluation (ADDIE) oleh Roberth Gagne. Hasil uji validasi logis tes numerasi menunjukkan nilai 95 01% dengan kategori sangat valid. Hasil uji validasi empiris menunjukkan hasil mengenai validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda. Validitas memperoleh hasil 13 butir soal valid 7 butir soal tidak valid. Reliabilitas memperoleh hasil 0 804 yang menunjukkan bahwa tes numerasi memiliki reliabilitas sangat tinggi. Tingkat kesukaran memperoleh hasil 3 butir soal dalam kategori sukar 2 butir soal dalam kategori sedang dan 15 butir soal dalam kategori mudah. Daya pembeda butir soal mendapatkan hasil 1 butir soal sangat baik 12 butir soal baik 5 butir soal jelek. 2 butir soal sangat jelek. Hasil uji kepraktisan menunjukkan nilai. Disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan tes numerasi yang sangat valid melalui validasi logis dan validasi empiris serta sangat praktis dan sangat menarik. Penggunaan tes numerasi berdampak positif untuk mengasah kemampuan numerasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295043

Actions (login required)

View Item View Item