Fitriah, Lailatul (2023) Pengembangan video pembelajaran berbasis etnomatematika kue tradisional materi pengenalan bangun ruang kelas I sekolah dasar / Lailatul Fitriah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran matematika merupakan tantangan yang sering dihadapi oleh siswa di berbagai jenjang pendidikan dikarenakan pembelajaran matematika cenderung terlalu teoritis kurang kontekstual dan bervariasi sehingga menurunnya minat siswa saat belajar matematika. Kurangnya konteks dalam pembelajaran matematika yang mengaitkan dalam budaya siswa dan kehidupan sehari-hari sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan video pembelajaran berbasis etnomatematika yang menggunakan kue tradisional sebagai konteks pembelajaran untuk materi pengenalan bangun ruang pada siswa kelas I Sekolah Dasar. Kue tradisional dipilih sebagai konteks budaya yang relevan untuk memperkenalkan konsep dasar bangun ruang kepada siswa. Digunakan model pengembangan ADDIE dengan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa. Subjek penelitian meliputi ahli media ahli materi pengguna dan siswa kelas I SD yang dinyatakan sangat valid dengan hasil penilaian uji ahli media sebesar 100% ahli materi 90 9% dan pengguna 100%. Kepraktisan produk berdasarkan uji coba skala kecil mendapatkan persentase 100% dan skala besar mendapatkan persentase sebesar 97% kepada siswa kelas I sekolah dasar. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan video pembelajaran berbasis etnomatematika kue tradisional menarik dan praktis digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 03:14 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |