Pengembangan game edukasi jelajah sejarah “jajah” berbantuan android pada materi ips kelas v di sekolah dasar / Hikmatus Sya\'bani Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game edukasi jelajah sejarah “jajah” berbantuan android pada materi ips kelas v di sekolah dasar / Hikmatus Sya\'bani Rahmawati

Rahmawati, Hikmatus Sya'bani Rahmawati (2023) Pengembangan game edukasi jelajah sejarah “jajah” berbantuan android pada materi ips kelas v di sekolah dasar / Hikmatus Sya\'bani Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi sejarah khususnya penjajahan bangsa Indonesia di kelas V SD didapati beberapa guru belum sepenuhnya menggunakan media pembelajaran dikarenakan keterbatasan waktu. Untuk mengatasi permasalahan motivasi belajar siswa yang rendah terutama pada materi sejarah perlu dihadirkan media yang dapat membantu mereka belajar dengan cara yang baru. Pembelajaran digital berbasis game edukasi dapat menjadi opsi terlaksananya pembelajaran IPS. Selain membantu mengaktifkan siswa juga dapat mengantarkan siswa selaras dengan kemajuan teknologi. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa game edukasi sejarah berbasis android tentang penjajahan bangsa Indonesia dan upayanya dalam mempertahankan kedaulatannya untuk kelas V Sekolah Dasar yang valid menurut ahli praktis menurut pengguna dan menarik menurut peserta didik. Model dalam penilaian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Pada tahap validasi produk dilakukan oleh dua ahli materi dan media yang ahli dalam bidangnya. Pada tahap uji coba dilakukan uji coba perorangan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar oleh siswa kelas V SDN Polehan 2 Malang. Hasil validasi ahli materi dan media mendapatkan persentase 90% dan 95% dan mendapatkan predikat sangat valid. Hasil penilaian angket respon guru mendapatkan 95 8% dan mendapatkan predikat sangat praktis. Penilaian angket respon siswa uji coba perorangan mendapat persentase 99% uji skala kecil mendapatkan persentase 100% uji skala besar mendapat persentase 96 9% dan hasil penilaian ketiga uji coba tersebut mendapatkan predikat sangat menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295032

Actions (login required)

View Item View Item