Pengaruh strategi menulis terbimbing terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas iii sdn 8 grajagan / Dhea Ayu Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi menulis terbimbing terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas iii sdn 8 grajagan / Dhea Ayu Anggraini

Anggraini, Dhea Ayu Anggraini (2023) Pengaruh strategi menulis terbimbing terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas iii sdn 8 grajagan / Dhea Ayu Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menulis adalah keterampilan rumit yang harus dipraktikkan secara teratur dan teliti mulai dari sekolah dasar. Untuk optimalisasi pembelajaran perlu dilakukan dengan menggunakan strategi yang tepat. Strategi yang dapat diujicobakan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa adalah dengan strategi menulis terbimbing dengan pendekatan whole language. Strategi menulis terbimbing adalah salah satu dari banyak komponen dari pendekatan whole language. Dengan strategi menulis terbimbing siswa dibantu dalam menentukan apa yang ingin mereka tulis dan bagaimana menulis secara efektif logis dan menarik dengan guru sebagai fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SDN 8 Grajagan ketika diberi strategi menulis terbimbing. dan 2) mengetahui penggunaan strategi menulis terbimbing terhadap hasil keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SDN 8 Grajagan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 8 Grajagan yang berjumlah 11 siswa. Desain penelitian menggunakan One Shot Case Study. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan strategi menulis terbimbing pada siswa kelas III SDN 8 Grajagan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan mengenai Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS dari perhitungan uji Wilcoxon Signed Ranks dengan cara membandingkan antara nilai Sig dan nilai alpa yang dihasilkan dari perhitungan maka didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0 003 lt 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh strategi menulis terbimbing terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SDN 8 Grajagan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295018

Actions (login required)

View Item View Item