Penerapan model problem posing untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas iv di sdn sawojajar 01 malang / NOVITA WAHYU MAULIDA - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem posing untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas iv di sdn sawojajar 01 malang / NOVITA WAHYU MAULIDA

Maulida, Novita Wahyu Maulida (2023) Penerapan model problem posing untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas iv di sdn sawojajar 01 malang / NOVITA WAHYU MAULIDA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan abad ke 21 memiliki peran penting untuk mengembangkan keterampilan 4C salah satunya yaitu kreativitas. Kreativitas siswa saat ini cukup rendah sebab proses pembelajaran lebih didominasi guru secara konvensional. Hal ini karena anggapan guru bahwa siswa belum memiliki pengetahuan dasar. Rendahnya kreativitas membuat siswa lebih pasif dalam proses pembelajaran. Siswa tidak terbiasa untuk menyampaikan gagasan dan menyelesaikan berbagai permasalahan. Guru sebagai fasilitator perlu merancang model pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas dan rasa ingin tahu siswa. Menurut Agustina amp Lestari (2020) model pembelajaran yang dapat diterapkan agar siswa lebih kreatif dan aktif khususnya dalam pembelajaran matematika adalah model problem posing. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas pada siswa kelas IVB di SDN Sawojajar 01 Malang melalui penerapan model problem posing. Jenis penelitian ini menggunakan model Kemmis amp Mc. Taggart. Siklus pertama menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih berjalan pasif karena kreativitas siswa belum meningkat dari berbagai aspek. Evaluasi akhir siklus 1 diperoleh bahwa 13 siswa tidak tuntas. Siklus 2 menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan aktif selaras dengan peningkatan kreativitas siswa. Evaluasi akhir siklus 2 diperoleh bahwa seluruh siswa tuntas. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model problem posing dapat meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV di SDN Sawojajar 01 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295004

Actions (login required)

View Item View Item